spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    World Diabetes Day, Pemkot Tasikmalaya Ingatkan Bahaya Penyakit Diabetes

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Peringati Hari Diabetes Dunia (World Diabetes Day), Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya bersama sejumlah komponen masyarakat dan penggiat kesehatan Kota Tasikmalaya menggelar senam sehat bersama, di halaman kantor Bale Kota Tasikmalaya, Sabtu (4/11/2023).

    Peringatan World Diabetes Day (WDD) menjadi momentum bagi seluruh masyarakat agar sadar untuk selalu menjaga kesehatan dan kualitas hidup sehingga terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

    “Penyakit diabetes ini, termasuk penyakit yang mematikan, dan menjadi pembunuh nomor 3 di Indonesia, setelah jantung dan stroke, sehingga kita perlu menjaga kualitas hidup,” kata Sekretaris Daerah Ivan Dicksan Hasanuddin.

    BACA JUGA: Kepala Kantor Imigrasi Tasikmalaya Diganti

    Ia menjelaskan, momentum WDD sebagai kesempatan untuk mengingatkan kembali, bahwa diabetes harus menjadi perhatian serius bagi semua pasalnya, dapat mengakibatkan komplikasi yang dapat mempengaruhi kualitas hidup serta berisiko tinggi terhadap kematian.

    “Penyakit diabetes ini dipicu berbagai hal salah satunya dipengaruhi oleh pola hidup dan pola makan karenanya, biasakan hidup sehat dengan rajin berolahraga dan hindari makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak jenuh tinggi,” ujarnya.

    Menurutnya, penyakit diabetes ini akan menjadi ancaman serius jika tidak diantisipasi dengan sedini mungkin dengan serius.

    Sekda Ivan pun menyebutkan, sampai saat ini, masyarakat Kota Tasikmalaya sudah cukup banyak yang terkena diabetes, dan ini akan menjadi perhatian serius.

    BACA JUGA: KPU Jabar Tetapkan 1.849 Daftar Calon Tetap Untuk Pemilu 2024

    “Jumlah masyarakat Kota Tasikmalaya yang terkena diabetes, mencapai 9.822 orang, dan sudah terlayani penanganan kesehatan sudah mencapai 9.643 atau 90 persen lebih, dan rata-rata penderita diabetes di Kota Tasikmalaya di usia 40 tahun keatas,” katanya. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img