spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Mengenal Jenis-jenis Penyakit Menular, Akibat Virus dan Hewan

    FOKUSJabar.id: Mengenal Jenis-jenis penyakit menular. Penyakit yang dapat ditularkan dari satu individu ke individu lainnya melalui berbagai macam cara. Kemudian seperti kontak langsung, udara, air, atau vektor seperti nyamuk atau tikus. Berikut adalah beberapa contoh jenis-jenis penyakit menular yang umum:

    Infeksi Saluran Pernapasan:

    – Influenza (flu)
    – Batuk pilek (common cold)
    – Tuberkulosis (TB)
    – COVID-19 (sebabnya adalah virus SARS-CoV-2)

    Infeksi Saluran Pencernaan:

    – Diare (penyebabnya oleh berbagai jenis virus, bakteri, dan parasit)
    – Hepatitis A, B, C, D, dan E
    – Kolera

    Penyakit Menular Seksual (PMS):

    – HIV/AIDS
    – Sifilis
    – Gonore (kencing nanah)
    – Herpes genital

    Infeksi Kulit:

    – Kudis (scabies)
    – Kurap (ringworm)
    – Impetigo

    Penyakit Vektor:

    – Malaria (penyebabnya parasit yang penularannya oleh nyamuk Anopheles)
    – Demam berdarah (penyebabnya oleh virus yang penularannya oleh nyamuk Aedes aegypti)
    – Penyakit Lyme (penularannya oleh gigitan kutu)

    Mengenal Jenis-jenis penyakit menular Infeksi Jamur:

    – Kandidiasis (misalnya, sariawan pada mulut atau infeksi jamur pada area genital)
    – Tinea versicolor (infeksi jamur pada kulit)

    Infeksi Mata:

    – Konjungtivitis (pink eye, mata merah) penyebabnya dari virus atau bakteri

    Infeksi Otot dan Tulang:

    – Tetanus (penyakit yang penyebabnya dari bakteri Clostridium tetani)

    Infeksi Sistem Saraf:

    – Meningitis (infeksi pada lapisan pelindung otak dan sumsum tulang belakang, penyebabnya bisa dari virus atau bakteri)


    Pencegahan dan pengobatan penyakit menular melibatkan vaksinasi (jika tersedia), kebersihan yang baik. Kemudian isolasi pasien, penggunaan obat antivirus atau antibiotik (tergantung pada penyebabnya), serta pemberantasan vektor seperti nyamuk dan tikus untuk penyakit yang penularannya melalui vektor. Penting juga untuk mencari perawatan medis yang tepat dan mengikuti petunjuk dokter dalam mengatasi penyakit menular.

    Mengenal Jenis-jenis Penyakit Menular Zoonosis

    Penyakit-penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dalam istilah ilmiah bernama zoonosis. Kemudian ini merupakan beberapa wabah penyakit virus menular dari hewan ke manusia yang terjadi dalam sejarah termasuk:

    Influenza Avian (Flu Burung): Virus influenza tipe A dapat beradaptasi dan menyebar dari burung ke manusia. Contohnya adalah virus H5N1 yang menyebabkan wabah flu burung pada manusia.

    Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS-CoV): Penyakit ini penyebabnya oleh coronavirus MERS-CoV yang berasal dari unta. Wabah ini pertama kali terjadi di Timur Tengah.

    Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS): Mengenal Jenis-jenis penyakit menular. Virus SARS-CoV yang menyebabkan SARS pertama kali muncul di Cina pada tahun 2002-2003. Virus ini berasal dari kelelawar dan menyebar ke manusia melalui hewan perantara, yaitu musang.

    Marburg dan Ebola: Kedua virus ini berasal dari hewan primata dan menyebar ke manusia melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau jaringan hewan yang terinfeksi.

    Hendra dan Nipah: Virus Hendra berasal dari kelelawar dan menyebar ke manusia melalui kuda. Virus Nipah juga berasal dari kelelawar dan dapat menyebar ke manusia melalui babi atau kontak langsung dengan kelelawar yang terinfeksi.

    Hantavirus: Virus ini dapat menyebar ke manusia melalui inhalasi partikel debu. Kemudian juga yang mengandung air liur, urine, atau tinja hewan pengerat yang terinfeksi.

    Virus Variola: Cacar monyet adalah penyakit menular penyebabnya oleh virus Variola. Penyakit ini terutama menyerang primata, termasuk manusia dan beberapa spesies monyet. Gejala cacar monyet mirip dengan cacar manusia, yaitu ruam kulit, demam, dan gejala lainnya. Namun, cacar monyet memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dengan cacar manusia

    Penting untuk Mengenal Jenis-jenis penyakit menular. Kemudian mencatat bahwa penyebaran zoonosis pencegahannya dapat dengan memperkuat pengawasan terhadap hewan yang berpotensi menjadi reservoir penyakit, serta mempraktikkan kebersihan yang baik saat berinteraksi dengan hewan dan lingkungan mereka. Vaksinasi pada hewan tertentu juga dapat membantu mengendalikan penyebaran penyakit dari hewan ke manusia.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img