spot_img
Minggu 25 Februari 2024
spot_img
More

    Destinasi Sehat: 10 Negara Tersehat di Dunia yang Layak Dikunjungi

    FOKUSJabar.id: Mengunjungi negara tersehat di dunia bisa menjadi pilihan yang menarik untuk tujuan perjalanan Anda. 

    Kehidupan sehat adalah tren global, dan berlibur di negara-negara yang mempromosikan gaya hidup sehat bisa menjadi inspirasi untuk memulai perubahan positif dalam hidup Anda. 

    Majalah CEOWORLD telah menyusun daftar 10 negara paling sehat di dunia berdasarkan data dari berbagai sumber terpercaya seperti PBB, World Bank, WHO, dan jurnal Lancet. 

    Melansir Condé Nast Traveler, mari kita simak negara-negara ini dan apa yang membuat mereka begitu sehat.

    1. Italia

    Italia, negara yang terkenal dengan kuliner lezat seperti pizza dan pasta, ternyata juga merupakan salah satu negara tersehat di dunia. Anak-anak yang lahir di Italia perkirakan akan hidup hingga usia 80-an. 

    Meskipun makanan mereka lezat, sebagian besar masyarakat Italia menjalani gaya hidup aktif dan pola makan kaya akan sayuran serta minyak zaitun. Kombinasi ini membantu mempertahankan tingkat kesehatan yang tinggi di negara ini.

    2. Singapura

    Singapura terkenal karena keselarasannya antara kenikmatan kuliner dengan gaya hidup aktif. Bahkan, pemerintah Singapura membagikan perangkat pelacak aktivitas Fitbit secara gratis kepada warganya pada tahun 2019. 

    Hal ini merupakan salah satu langkah unik yang mendukung kesehatan masyarakat. Di Singapura, Anda akan menemukan banyak fasilitas olahraga dan taman yang memungkinkan warganya untuk tetap bergerak.

    3. Islandia

    Posisi ketiga adalah Islandia, yang terkenal dengan masakan Nordiknya. Penduduk Islandia menjalani gaya hidup aktif di luar ruangan, dengan banyak aktivitas seperti hiking dan ski. 

    Dominasi pola makan mereka adalah makanan laut segar dan daging hasil buruan, yang telah terbukti mendukung harapan hidup hingga usia 80-an.

    Baca Juga: Traveling: Kunci Rahasia untuk Menjadi Lebih Bahagia

    4. Hong Kong

    Hong Kong adalah salah satu dari sedikit wilayah dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Ini disebabkan oleh kombinasi unik antara kemakmuran ekonomi dan tingkat merokok yang rendah. 

    Hong Kong juga memiliki banyak taman kota, rumah sakit berkualitas tinggi, dan akses mudah ke pegunungan dan pantai, yang semuanya mendukung kesehatan masyarakatnya.

    5. Finlandia

    Finlandia terkenal sebagai negara tersehat yang secara konsisten dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. Selain itu, angka harapan hidup di Finlandia telah meningkat selama dua dekade terakhir, berkat peningkatan belanja dalam bidang kesehatan dan penurunan tajam jumlah perokok dewasa.

    6. Taiwan

    Negara-negara Asia sering memupuk budaya latihan fisik sehari-hari dan memiliki pola makan yang memprioritaskan makanan seperti nasi, sayuran, dan makanan laut daripada daging merah. 

    Taiwan adalah salah satu negara yang mengikuti prinsip-prinsip ini, yang membantu menjaga kesehatan masyarakatnya.

    7. Selandia Baru

    Selandia Baru, dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, adalah tempat yang ideal untuk berlibur aktif. Entah itu mendayung kayak di Milford Sound atau melakukan bungee jumping di Queenstown, Anda pasti akan merasa segar saat kembali dari sana.

    8. Australia

    Australia memiliki pantai yang menakjubkan dan menu sarapan yang sehat. Orang-orang Australia cenderung memastikan asupan makanan mereka dari sumber lokal yang ada di negara tersebut. 

    Selain itu, kegiatan seperti berselancar, hiking, dan keluar rumah menjadi gaya hidup yang mendukung kesehatan di negara ini.

    9. Monako

    Monako, meskipun kecil dan kaya raya, adalah tempat yang tepat bagi mereka yang ingin menikmati sisa hidup dengan baik. 

    Menurut laporan PBB terbaru, rata-rata angka harapan hidup di Monako mencapai 85,9 tahun, yang merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

    10. Norwegia

    Norwegia masuk dalam daftar negara tersehat tahun ini berkat udara dan air yang bersih, angka harapan hidup yang tinggi (sedikit di atas 83 tahun), dan tingkat pembunuhan yang rendah. 

    Negara ini menawarkan lingkungan yang mendukung kesehatan fisik dan mental.

    Negara tersehat Inspirasi Gaya Hidup Sehat

    Ketika Anda memutuskan untuk berlibur di salah satu dari 10 negara tersehat ini, selain menikmati pemandangan yang menakjubkan, Anda juga bisa menginspirasi diri sendiri untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat. 

    Kebiasaan-kebiasaan positif yang Anda temui di sana mungkin akan menjadi dorongan bagi Anda untuk memulai perjalanan menuju kesehatan yang lebih baik saat Anda kembali ke kampung halaman.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img