spot_img
Selasa 21 Mei 2024
spot_img
More

    Eks Penyidik Tantang KPK Periksa Laporan Kekayaan Firli Bahuri

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: KPK ditantang untuk memeriksa kekayaan milik Ketua KPK Firli Bahuri. Tantangan ini muncul usai terungkapnya sebuah rumah di kawasan Kertanegara, Jakarta Selatan, yang disebut punya keterkaitan dengan Firli.

    “Jangan hanya ASN saja dia sikat. Ketua KPK berani gak tuh” ujar eks Penyidik KPK, Yudi Purnomo, dikutip Selasa (31/10/2023).

    Yudi mengatakan, Firli harus bisa menjelaskan kepemilikan rumah di Kertanegara itu. Andai rumah sewaan, Firli juga harus bisa menjelaskan bagaimana ia tahu informasi rumah itu hingga pembayaran sewanya.

    “Karena kan masyarakat akan curiga rumah tersebut ya karena ngapain nyewa rumah? Memang di KPK tidak cukup apa?” ujarnya, melansir IDN.

    Seperti diketahui, rumah Firli Bahuri di kawasan Jakarta Selatan dan Bekasi digeledah polisi hari ini. Penggeledahan itu diduga terkait kasus pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

    BACA JUGA: Isu Hoaks Mulai Bertebaran Jelang Pemilu 2024 Terbanyak di Facebook

    Ada sejumlah barang yang dibawa oleh penyidik. Namun, belum diketahui keterkaitanya dengan kasus ini.

    Sebelumnya, Firli Bahuri juga telah diperiksa selama tujuh jam oleh penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipikor Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023).

    Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan Firli diperiksa sebagai saksi dalam kasus pemerasan terhadap Eks Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (SYL). Keterangan dari Firli Bahuri pada pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik gabungan, kata Ade, akan menjadi bahan konsolidasi.

    Termasuk, apakah keterangannya dinilai cukup atau masih dibutuhkan tambahan dari pimpinan lembaga antirasuah itu. Ade juga mengatakan sampai hari ini sudah ada sebanyak 55 saksi yang telah diperiksa dalam tahapan penyidikan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img