spot_img
Minggu 12 Mei 2024
spot_img
More

    SMANOR Jatim Juara Umum Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD dan SKO Tahun 2023

    BOGOR,FOKUSJabar.id: SMAN Olahraga (SMANOR) Jawa Timur keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO tahun 2023 yang berakhir Jumat (27/10/2023) petang WIB di komplek stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sekolah Khusus Olahraga (SKO) yang berlokasi di Sidoarjo, Jatim ini berhasil menjadi pengumpul medali emas terbanyak dibandingkan 50 PPLP, PPLPD kota/kabupaten, dan SKO peserta kejurnas lainnya.

    Dari total 38 nomor yang dipertandingkan selama tiga hari, 25-27 Oktober 2023, SMANOR Jatim berhasil meraih 6 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Disusul PPLP Sumatera Utara di posisi kedua dengan raihan 5 medali emas dan 2 perunggu, serta PPLP DKI Jakarta dengan raihan 3 medali emas, 5 perak, dan 6 perunggu di posisi ketiga.

    fokusjabar.id Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO
    Atlet PPLP Kalbar, Katyea Ebri Safitri bersiap melakukan lompatan pada nomor lompat jangkit putri. (FOTO: Ageng)

    Enam medali emas bagi SMANOR Jatim disumbangkan M. Taufiq Hidayat dari nomor lari 100 meter usai menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 10.88 detik. Taufiq mengalahkan Hanscelindo Vicky A (SKO Solo) dengan catatan waktu 11.04 detik dan Muhammad F.N. Aziz (PPLP DKI Jakarta) yang mencatatkan waktu 11.07 detik.

    Medali emas kedua bagi SMANOR Jatim disumbangkan Maulana Ismail dari nomor lari 200 meter putra. Maulana mencatatkan waktu tercepat 21.88 detik mengalahkan atlet tuan rumah PPLP Jabar, Fabio Alesandro yang mencatatkan waktu 22.38 detik dan M. Taufiq Hidayat (SMANOR Jatim) dengan catatan waktu 22.51 detik.

    Maulana Ismail kembali menambah medali emas ketiga bagi SMANOR Jatim sekaligus medali emas keduanya dari nomor lari 400 meter gawang putra. Dengan catatan waktu 54.69 detik, Maulana berhasil mengalahkan Prabudi S. Ahmad (PPLP Gorontalo) dengan catatan waktu 56.20 detik dan Brian Bagas Swara (PPLP Jatim) yang mencatatkan waktu 56.38 detik.

    Medali emas keempat bagi SMANOR Jatim diraih dari nomor lompat jauh putra atas nama Muhammad Mushal Daifulah yang berhasil melakukan lompatan sejauh 6.87 meter. Medali perak diraih Wisnu Nurrohman (PPLP Jatim) dengan lompatan 6.47 meter dan medali perunggu menjadi milik Muhammad Imron J dengan lompatan sejauh 6.38 meter.

    fokusjabar.id Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO
    Pertandingan nomor lari estafet 4×100 meter putra pada Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO Tahun 2023. (FOTO: Ageng)

    Muhammad Mushal Daifulah kembali meraih medali emas dari nomor lompat jangkit putra. Dengan lompatan sejauh 14.11 meter, Muhammad Mushal berhasil mengalahkan perwakilan dari PPLP Bali, I Ketut Sumirsa yang melakukan lompatan sejauh 13.11 meter dan Muhammad Haikal dari PPLP DKI Jakarta dengan lompatan sejauh 12.94 meter.

    Medali keenam bagi SMANOR Jatim diraih dari nomor estafet 4×400 meter putra. Diperkuat Nizham Bahrun Niam, Muhammad Dwiki Firmansyah, Maulana Daffa Mulya dan Maulana Ismail, tim SMANOR Jatim mencatatkan waktu tercepat 3 menit 25.31 detik.

    Medali perak di nomor estafet 4×400 meter putra, diraih tim PPLP PAPUA yang diperkuat Mozardt Alfius Manufandu, Josua Gerard Awairaro, Victor Natalicho Ohee, dan Eqman Yance Elektriko Kafiar dengan catatan waktu 3 menit 26.85 detik. Sedangkan medali perunggu menjadi miliki tim PPLP DKI Jakarta yang dihuni Muhammad Ridwan Maulana, Mochammad Rifa Caesar Hasibah, Muhammad Farhezi Nasrul Aziz, dan Asfari yang mencatatkan waktu 3 menit 30.72 detik.

    fokusjabar.id Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO
    Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora, Bayu Rahadian berfoto bersama para juara nomor estafet 4×100 meter putri. (FOTO: Ageng)

    Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora, Bayu Rahadian mengatakan, Kejuaraan Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO tahun 2023 merupakan rangkaian kegiatan kompetisi bagi para atlet pelajar. Menang atau kalah adalah hal yang biasa dalam setiap kompetisi namun diharapkan menjadi bahan evaluasi hasil latihan dan pembinaan yang dilakukan selama ini.

    “Dari kompetisi ini, saya berharap akan lahir atlet-atlet masa depan yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kompetisi level dunia. Selamat bagi SMANOR Jatim yang sudah berhasil menjadi juara umum,” kata Bayu saat penutupan kejuaraan, Jumat (27/10/2023).

    Sementara itu, kontingen tuan rumah PPLP Jabar gagal meraih medali emas dan harus puas berada di peringkat ke-21. Tim PPLP Jabar hanya mampu meraih 5 keping medali dengan rincian 2 medali perak dan 3 perunggu.

    fokusjabar.id Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO
    Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga pada Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Sandi Arisma CPI berfoto bersama para juara nomor lompat jangkit putri. (FOTO: Ageng)

    Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga pada Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Sandi Arisma CPI mengakui jika hasil yang diraih atlet PPLP Jabar pada kejurnas kali ini belum maksimal. Hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi pihaknya agar lebih baik kedepan.

    “Namun kita tetap perlu mensyukuri hasil yang diraih atlet pada kejurnas ini. Hasil ini akan menjadi tolak ukur sekaligus bahan evaluasi bersama terhadap pembinaan yg telah dilaksanakan selama ini agar pada masa yang akan datang hasil bisa meraih hasil lebih baik,” kata Sandi.

    Tekait penyelenggaraan, Sandi mengatakan jika pelaksanaan Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO tahun 2023 di komplek stadion Pakansari Kabupaten Bogor berjalan dengan baik. Tidak ada kendala berarti yang mengganggu pelaksanaan pertandingan dari hari pertama sampai hari terakhir, Jumat (27/10/2023).

    “Alhamdulillah, dari sisi pelaksanaan berjalan dengan aman, lancar dan tidak ada kendala yg berarti. Ini berkat kolaborasi yang baik antara Kemenpora RI, Dispora Jabar, Dispora Kab. Bogor, PB. PASI, Pengprov PASI Jabar, Pengcab PASI Kab. Bogor, dan seluruh unsur panitia,” kata Sandi.

    fokusjabar.id Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO
    Para atlet melewati rintangan kolam saat bertanding di nomor halang rintang 2000 meter putra pada Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO Tahun 2023. (FOTO: Ageng)

    Klasemen Akhir 10 Besar Kejurnas Atletik antar PPLP, PPLPD, dan SKO Tahun 2023
    1. SMANOR JAWA TIMUR : 6 emas – 1 perak – 2 perunggu
    2. PPLP SUMATERA UTARA : 5 emas – 0 perunggu – 2 perunggu
    3. PPLP DKI JAKARTA : 3 emas – 5 perak – 6 perunggu
    4. PPLP JAWA TIMUR : 3 emas – 2 perak – 3 perunggu
    5. PPLP PAPUA : 3 emas – 2 perak – 1 perunggu
    6. PPLOPD KOTA SALATIGA : 3 emas – 0 perak – 2 perunggu
    7. PPLP DI YOGYAKARTA : 2 emas – 3 perak – 0 perunggu
    8. SKO SOLO : 2 emas – 1 perak – 0 perunggu
    9. PPLP KALIMANTAN BARAT : 2 emas – 0 perak – 2 perunggu
    10. PPLP NTB : 1 emas – 1 perak – 1 perunggu

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img