spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    PDIP Jabar Tidak Terpengaruh Manuver Gibran Sebagai Cawapres Prabowo

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: DPD PDIP Jawa Barat (Jabar) tidak ambil pusing terkait dengan jadinya Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden (Capres) Prabowo Subianto. 

    Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono mengatakan, saat ini pihaknya fokus pada pemenang Capres Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD. 

    “Kami masih fokus dalam Pilpres sesuai dengan instruksi Ketua Umum Megawati Soekarno Putri,” kata Ono, Senin (23/10/2023). 

    BACA JUGA: Presiden Jokowi, Ketua MK, Gibran, dan Kaesang Dilaporkan ke KPK!

    Menurutnya PDI Perjuangan telah banyak melahirkan banyak pemimpin hebat. Tentunya melalui proses regenerasi dan kaderisasi yang sudah matang. Dan akhirnya tidak jarang pula mereka diakui bahkan dipakai oleh Partai lain juga. 

    “Itu hal yang wajar dan lumrah pada kondisi politik dan demokrasi yang sudah sangat terbuka,” ucap dia.

    Ono menegaskan, PDIP saat ini mulai bergerak masif turun ke tengah rakyat menjalankan untuk memenangkan Ganjar-Mahfud dan PDI Perjuangan.

    Terkait manuver Gibran yang dicalonkan sebagai Cawapres untuk mendampingi Prabowo, Ono tidak menampik bahwa ada banyak tantangan yang harus dibenahi.

    Terlebih, berdasarkan hasil Pemilu tahun 2019, Jawa Barat bisa dibilang adalah basis Prabowo Subianto. Tetapi, menurut Ono dinamika yang terjadi bisa membuat peta politik bisa banyak berubah. Misinya adalah memanfaatkan momentum untuk meningkatkan perolehan suara PDIP.

    “Mitigasi pasti akan kami lakukan karena secara jelas banyak pendukung jokowi yang sekarang memilih Prabowo. Di Jawa Barat, merupakan basis Prabowo, Prabowo 60%, Jokowi 40%. Maka dengan Gibran ditetapkan menjadi Cawapresnya Prabowo, maka apakah Prabowo akan mendapatkan 100 persen suara? Kan tidak seperti itu,” kata Ono.

    Ia menambahkan di Jawa Barat juga ada pendukung Prabowo yang beralih dukungan ke Anies-Muhaimin. Bila dari survei yang berkembang mmg Prabowo masih yang teratas disusul oleh Ganjar dan Anis yang angkanya terpaut tidak terlalu jauh. 

    “Sehingga kunci bagi kami adalah bagaimana kerja turun ke rakyat untuk memenangkan PDIP dan Ganjar-Mahfud MD,” kata dia.

    BACA JUGA: Prabowo Resmi Umumkan Gibran Jadi Cawapres

    Ono juga memastikan bahwa kadernya di Jawa Barat tetap patuh pada instruksi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Selain itu, ia tidak mau terlalu memikirkan adanya keberadaan projo yang mendukung pasangan capres lain.

    “Seluruh Pengurus, Caleg dan Kepala Daerah PDI Perjuangan solid dan tegak lurus menjalankan instruksi Ibu Ketua Umum untuk menangkan PDIP dan Ganjar-Mahfud MD. Projo? Bukannya sudah ada yang deklarasi Projo Ganjar… Bila ada Projo saat ini maka ada Projo Prabowo dan Projo Ganjar,” ujarnya.

    Berita Terbaru

    spot_img