spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    10 Fakta Bahan PU Leather untuk Tas, Begini Kualitasnya

    FOKUSJabar.id: Saat hendak membeli tas, bahan pembuatan termasuk faktor yang penting untuk diperhatikan. Contohnya PU leather. Ada 10 fakta bahan PU leather untuk tas yang menarik sehingga banyak orang tertarik mengenakan tas dari bahan ini.

    Bahan PU leather juga banyak diandalkan oleh konveksi tas untuk menghasilkan produk-produk berkualitas yang bertahan lama kegunaannya. Sangat cocok untuk konsumen yang menggemari tas berbahan kulit, namun tidak ingin memakai yang dari kulit hewan.

    Bagi yang ingin merasakan kegunaan tas dari bahan kulit PU yang berkualitas baik, bisa mengunjungi https://pabriktasbandung.co.id/ sebagai pilihan terbaik. Di sini calon pembeli bisa mendapatkan informasi terkait tas yang dibutuhkannya, dengan pengerjaan terpercaya dan pilihan yang banyak.

    Mengenal Bahan PU Leather

    Sebelum membahas 10 fakta bahan PU leather untuk tas, sudahkah mengenal seperti apa bahan ini? Sebab, PU leather cukup banyak digunakan dalam pembuatan tas dari merek terkenal. Dengan teknologi manufaktur yang berkembang pesat, kualitas bahannya pun terjamin.

    PU leather menjadi opsi tepat untuk yang menyukai tas bernuansa mewah dan berkelas namun ingin menghindari pemakaian kulit hewan. Tentunya juga dengan harga yang lebih terjangkau. PU leather adalah bahan kulit sintetis, dibuat dari bahan polyurethane (PU).

    Polyurethane adalah sejenis plastik dengan tekstur yang mirip kulit. Agar bisa menghasilkan PU leather, bahan polyurethan dikombinasikan bersama serat polyester, bisa juga serat sintetis lainnya. Berhubung bahan tersebut melibatkan proses kimia dalam pembuatannya, maka menghasilkan bau seperti plastik.

    Karakternya elastis, cenderung lebih ringan dibandingkan kulit asli. Ini memudahkan bahan tersebut untuk diolah dan dibentuk menjadi seperti yang diinginkan. Variasi bentuk maupun warnanya lebih bervariasi, bukan sekadar nuansa gelap seperti coklat dan hitam saja.

    10 Fakta Bahan PU Leather untuk Tas

    Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan seperti apa yang dimaksud dengan PU leather. Produk berbahan kulit memberikan kesan elegan dan mewah, sehingga memiliki kelasnya sendiri. Begitu juga bahan PU leather yang tampilannya serupa kulit asli. Berikut adalah fakta-fakta yang dimilikinya:

    1. Bobot Relatif Ringan

    Bahan kulit dari polyurethan, jika dibandingkan dengan vinyl atau PVC termasuk lebih ringan bobotnya. Sebagai kulit sintetis, PU leather bisa ringan karena lapisan yang tidak terlalu banyak dan tebal.

    Kondisi ini lebih menguntungkan karena banyak orang suka membawa tas berbahan ringan sehingga memudahkan dibawa kemana-mana. Jadi, dibandingkan kulit sintetis yang lain, PU leather dapat menjadi pertimbangan yang lebih efisien.

    2. Permukaannya Tahan Gores

    Dari 10 fakta bahan PU Leather untuk tas, salah satu aspek yang penting adalah ketahanannya. Orang yang membeli tas tentu ingin barangnya awet digunakan dalam waktu lama. Di sinilah terlihat bahwa bahan kulit PU cocok untuk dipilih, karena bahannya tahan goresan.

    Tidak dipungkiri jika goresan dapat mengurangi nilai estetika dari suatu tas. Untungnya, bagi yang memakai bahan kulit PU bisa lebih lega. Sebab, permukaannya lembut dan licin sehingga ketahanannya terhadap goresan terbilang baik dibandingkan kulit sintetis yang lain.

    3. Tekstur Lentur dan Fleksibel

    Kelebihan dari PU leather adalah bahannya bersifat fleksibel. Maksudnya adalah, tas dari bahan PU mampu beradaptasi dengan suhu ruangan penyimpanannya. Lain dari tas kulit asli, dimana penyimpanannya harus ekstra hati-hati di suhu tertentu sehingga kelembabannya tetap terjaga.

    Begitu juga teksturnya yang meski lentur namun juga kokoh. Sangat nyaman untuk menghasilkan tas dengan kapasitas besar. Pengguna dapat membawa banyak barang sekaligus di tasnya. Contohnya dijadikan travel bag, shoulder bag, atau tote bag untuk memuat banyak keperluan.

    4. Pori-pori dan Rongga Cukup Lebar

    Pada 10 fakta bahan PU leather untuk tas berikutnya akan dijelaskan terkait sirkulasi udaranya. Berkaitan dengan ini, rongga serta pori-pori di bahan PU terbilang cukup besar. Kondisi ini memiliki kelebihan, karena membantu sirkulasi udara di tas tersebut agar lebih lancar.

    Dengan sirkulasi yang terjaga, tas lebih mudah terpapar oleh angin sehingga tidak lembab dan mudah berjamur. Karena pori dan rongganya yang lebar, meski kondisinya sedang lembab tidak perlu khawatir tas PU akan mudah ditumbuhi jamur.

    5. Bersifat Kedap Air

    10 fakta bahan PU leather untuk tas selanjutnya yaitu kedap terhadap air. Sifat alami dari bahan PU ini juga dimiliki bahan lainnya dari kulit sintetis, namun berbeda efek serta tingkatannya. Tidak perlu risau jika tasnya tanpa sengaja terkena air.

    6. Lebih Ramah Lingkungan

    Bahan PU adalah kulit sintetis yang ramah lingkungan. Sebab, susunan bahannya tidak memakai banyak bahan-bahan kimia. Ini dapat mencegah pembuangan limbah selama proses pembuatan, yang mengakibatkan risiko terhadap lingkungan sekitar.

    7. Tidak Mudah Mengalami Retak

    10 fakta bahan PU leather untuk tas ini masih berkaitan dengan rongga serta pori-pori bahan PU yang lebar. Berkait teksturnya tersebut, tas bahan ini tidak mudah mengalami retak dan lebih bertahan lama. Misalnya ketika tidak sengaja tertekan atau terlipat.

    8. Baunya Tidak Menyengat

    Jika membicarakan tas dari bahan kulit, bukan rahasia jika baunya cukup khas. Apalagi yang dibuat dari bahan kulit asli dan masih baru. Seringkali pengguna merasa terganggu karena bau tersebut, apalagi jika kurang familiar.

    Namun tidak demikian dengan tas dari bahan PU, yang tidak berbau menyengat. Ini dilatarbelakangi oleh proses pembuatannya yang minim menggunakan bahan kimia. Jadi, bahan yang dihasilkannya pun lebih ramah dari bau-bau yang kuat, nyaman untuk langsung digunakan.

    9. Warna Lebih Variatif dan Tidak Cepat Pudar

    Variasi warna yang dapat dihasilkan dari bahan kulit PU lebih beragam jika dibandingkan kulit asli, yaitu nuansa gelap saja. PU leather tidak hanya menghasilkan coklat atau hitam, namun juga warna-warna seperti biru, hijau, dan lainnya.

    Warna yang dihasilkannya pun tajam, terpatri jelas di tasnya. Selain variatif, warna pada tas bahan PU tidak cepat pudar dan awet. Ini menjadikan PU banyak dipilih oleh pembeli tas, begitu juga perusahaan produksi yang banyak memakainya untuk menghasilkan tas.

    Tidak hanya warnanya yang eye catching, bervariasi, dan eye catching, biaya produksinya juga lebih terjangkau. Sehingga harga jual tasnya pun akan lebih murah daripada tas kulit lainnya. Kualitas ini tidak banyak dimiliki bahan kulit sintetis yang lain, menjadikannya unggul dan populer.

    10. Bahannya Tidak Begitu Tebal

    Susunan bahan untuk membuat bahan PU leather menjadikan teksturnya tidak begitu tebal. Malah, cenderung tipis jika disandingkan dengan saudaranya seperti bahan PVC. Berhubung bahannya tidak begitu tebal, PU leather mudah untuk dijadikan berbagai jenis tas.

    Meski bahannya tidak tebal, namun bukan berarti ketahanan tas ini diragukan. Justru dari segi kualitasnya memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh banyak bahan lainnya. Produsen tas yang kreatif bisa menjadikannya berbagai tipe tas.

    Demikian 10 fakta bahan PU leather untuk tas yang membuatnya unggul di jajaran tas berbahan kulit. Kini, tampil dengan tas kulit tidak harus mahal dan rumit penyimpanannya. Ada opsi yang kualitasnya juga bagus, dengan warna variatif dan harga terjangkau.

    Berita Terbaru

    spot_img