spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Lantik 953 Wisudawan, Ini Pesan Rektor Itenas Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung gelar Sidang Terbuka Pimpinan dan Senat Wisuda Program Sarjana dan Magister Itenas Periode Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 diselenggarakan dua hari pada Sabtu (14/10/2023) hingga Minggu (15/10/2023) di Gedung Serba Guna (GSG) Bale Dayang Sumbi Itenas

    Turut hadir juga perwakilan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV serta ketua dan pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. Sebanyak 953 wisudawan yang terdiri dari 20 lulusan program magister dan 933 lulusan program sarjana dilantik pada kesempatan tersebut.

    Rektor Itenas Prof. Meilinda Nurbanasari dalam sambutannya mengatakan, Itenas merupakan salah satu dari kampus swasta terbaik di Indonesia yang terakreditasi “Unggul” yang menunjukkan bahwa Itenas memiliki kualitas tinggi dalam menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi.

    BACA JUGA: PDIP Berduka, Ketua Fraksi DPRD DKI Gembong Warsono Wafat

    Pihaknya pun meyakini bahwa lulusan Itenas akan menjadi bagian dari solusi dari berbagai permasalahan di tengah masyarakat.

    “Alumni dapat berperan di IKU 1 (Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak) dengan mendapatkan pekerjaan yang layak, menekuni wirausaha, atau melanjutkan studi. IKU 2 (Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus), jika telah berhasil dalam bekerja dan berkarir, bantu adik-adik mahasiswa dengan menyediakan tempat magang bagi mereka. Serta IKU 4 (Praktisi Mengajar di Dalam Kampus), pada saat yang tepat nanti, diharapkan dapat membagikan pengalaman berkarir/berwirausaha agar memberi manfaat kepada adik-adik mahasiswa,” kata Prof. Meilinda Nurbanasari Minggu (15/10/2023).

    Sementra itu, Perwakilan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Ibu Entin Hartini memberikan apresiasi tinggi atas capaian Itenas termasuk akreditasi “Unggul” yang diraih. Sebab, dari 438 perguruan tinggi dibawah naungan LLDIKTI Wilayah IV, hanya ada 7 yang terakreditasi “Unggul” dan 1 yang terakreditasi “A”. Pihaknya juga mengucapkan selamat atas capaian yang diraih oleh para wisudawan.

    “Anda semua perlu memiliki empat softskill dalam era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 sesuai dengan orientasi pendidikan dalam abad 21, pertama Kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, kedua, Kemampuan problem solving tiga Keterampilan berkomunikasi, berkolaborasi, dan memahami bidang kerja serta pengembangan karir dan Pentingnya belajar sepanjang hayat,” ujarnya.

    Menurutnya, sebagai produk dari proses pendidikan di Itenas, saya yakin wisudawan  semuanya telah didesain untuk menjadi tenaga ahli yang profesional dan mumpuni di bidangnya, serta memiliki kompetensi melampaui yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja.

    “Saya yakin Anda dapat beradaptasi dengan perubahan zaman,” ucapnya.

    BACA JUGA: El Nino, Pendistribusian Pangan ke Kota Bandung Turun 15 Persen

    Perlu Diketahui, Sepanjang 2023 Penghargaan diraih Itenas ada beberapa prestasi yang membanggakan bagi civitas akademika. Times Higher Education (THE) merilis daftar World University Rankings (WUR) tahun 2024 dan hanya 33 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk ke dalamnya. Itenas Bandung menjadi salah satu dari perguruan tinggi yang terdaftar dalam THE WUR 2024.

    Kerja sama yang dijalin Itenas Bandung dengan para pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) menunjukkan bukti nyata dengan peluang berkarir yang terbuka lebar bagi para alumni. Ditambah dengan salah satu fokus program MBKM yakni pemagangan, para alumni dibekali dengan lebih banyak lagi pengalaman agar lebih siap berkarya di dunia kerja.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img