spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    TPA Sarimukti Diprediksi Tidak Akan Normal 100 Persen, Pemkot Bandung Cari Alternatif ke TPA Cijeruk Sumedang

    BANDUNG,FOKUSJabar.id:Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meminta semua elemen baik dari jajaran pemerintahan hingga kewilayahan untuk dapat mengelola sampah mulai dari sumbernya.

    Hal itu dilakukan sebagai upaya mengatasi darurat sampah di kota Bandung pasca Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti kebakaran.

    BACA JUGA:

    Yana Mulyana Mengira Uang Suap Rp 100 Juta Berisi Brosur PT CIFO

    “Kita semua harus bekerja bareng-bareng baik itu jajaran pemkot sampai ke wilayahan ini bekerja masif. Bagaimana kita memberikan contoh, bagaimana kita ini mencoba untuk mengurangi timbulan sampah, bagaimana kita lakukan pemilahan di hulu mulai dari perkantoran dan seterusnya, kemudian kita juga mengedukasi bahkan mengajak kepada semua komunitas, bagaimana kita untuk melakukan pengolahan dan pemilahan di hulu, kita tidak bisa mengandalkan sarimukti,” kata Bambang di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Kamis (12/10/2023).

    Meski TPA Sarimukti sudah kembali dibuka, namun pihaknya memperkirakan TPA Sarimukti kemungkinan kecil bisa pulih kembali 100 persen.

    BACA JUGA:

    Menteri Koperasi UKM Tinjau Pojok KolaboraSIB di Persib Store

    “Sarimukti itu kondisinya belum pulih 100 persen, tidak akan mungkin pulih rasanya secara teknis, kebetulan saya orang teknis, agak kecil kemungkinan. Jadi kalo misalkan kuota yang di berikan 100 persen itu rasanya tidak mungkin pulih 100 persen,” katanya.

    Namun begitu, pihaknya akan terus berupaya untuk mengedukasi dan mengajak berbagai komunitas untuk mengatasi masalah tumpukan sampah di kota Bandung.

    “Yang kedua bagaimana caranya kita melalukan upaya pemilihan dan pengolahan, nah program ini kita juga mencoba mencarikan offsteker nya mana kala yang sudah di pilah dan di olah itu menjadi output produk yang menjadi nilai, nah ini juga menjadi penting, ini yang sedang kita coba upayakan,”ucapnya.

    Selain itu, pihaknya juga mengaku tengah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang terkait lahan TPA Cijeruk.

    “Itu kami semua melakukan langkah-langkah, kalau misalkan TPA Sarimukti belum bisa berjalan optimal,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img