spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Menpora Dito Bantah Terima Rp27 M di Kasus BTS Kominfo

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, membantah menerima aliran uang Rp27 miliar untuk pengamanan kasus BTS Kominfo.

    Hal itu dia ungkapkan ketika menjadi saksi persidangan kasus korupsi BTS Kominfo di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rabu (11/10/2023).

    “Soalnya yang berkembang itu Pak Dito, itu Galumbang Menak (Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia Galumbang Menak Simanjuntak) pernah bertemu saudara membicarakan masalah ada yang berusaha menutup kasus BTS. Saudara sudah tahu juga kabarnya di media?” tanya ketua majelis Fahzal Hendri.

    “Sekarang saya tahu,” jawab Dito.

    BACA JUGA: Erick Thohir Ditunjuk Jokowi jadi Menko Marves Ad Interim

    “Jadi, Irwan (Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan) diperintah oleh Anang, kemudian Galumbang Menak, Galumbang bawa si Resi (Karyawan PT Mora Telematika Indonesia Resi Yuki Bramani) datang ke tempat saudara. Makanya perlu kami konfirmasi dengan saudara,” tanya Hakim lagi.

    “Jadi, kalau umpamanya saudara membantah, itu hak saudara,” lanjutnya.

    “Betul Yang Mulia,” jawab Menpora Dito.

    Mendengar jawaban Dito, Hakim kembali mencecar soal uang Rp27 miliar untuk pengamanan kasus di Kejaksaan Agung (Kejagung). Politikus Golkar itu membantah hal tersebut.

    “Itu (Rp27 miliar) enggak benar itu?” tanya hakim

    “Enggak benar,” jawab Dito.

    Namun, Dito membenarkan pernah bertemu Galumbang dan Karyawan PT Mora Telematika Indonesia Resi Yuki Bramani di rumahnya di Jalan Denpasar, Jakarta.

    “Waktu itu, kami hanya ngobrol bisnis. Kebetulan, beliau waktu itu seingat saya baru selesai IPO. Keluarga saya juga lagi mau IPO jadi waktu itu sempat konsultasi juga Yang Mulia,” kata Dito.

    Hakim terus mencecar Dito terkait pembahasan antara ketiganya. Namun, Dito menegaskan dirinya bersama Galumbang membahas bisnis bukan soal BTS Kominfo.

    “Saudara pernah ke rumah Galumbang?” tanya Hakim.

    “Tidak pernah,” kata Dito.

    “Berarti nomor saudara ada di Galumbang?” tanya lagi Hakim.

    “Ada Yang Mulia,” ujar Dito.

    “Nomor biasa atau luar negeri?” cecar Hakim.

    “Nomor biasa Yang Mulia,” kata Dito.

    “Atau punya apa lain atau sinyal?” tanya lagi Hakim.

    “Engga yang Mulia, biasa aja,” jawab Dito.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img