spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    25 Atlet Layar Siap Bertarung di BK PON XXI, KONI Jabar: Jaga Kekompakan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 25 atlet layar Jawa Barat akan bertarung memperebutkan tiket pada ajang babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga layar di Indonesia National Sailing Center (INSC), Ancol, Jakarta, 10-17 Oktober 2023. Tim layar Jabar dilepas secara resmi oleh Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (6/10/2023).

    Ketua Umum KONI Jabar M. Budiana berharap, para atlet tetap menjaga semangat dan daya juangnya agar tampil maksimal pada gelaran babak kualifikasi PON XXI tersebut. Pihaknya berharap, tim layar Jabar bisa meloloskan atlet sebanyak-banyaknya untuk bisa tampil di ajang PON XXI tahun 2024 mendatang.

    “Selamat bertanding di babak kualifikasi PON XXI. Jaga kekompakan, karena dalam olahraga membutuhkan kekompakan antara atlet, pelatih, maupun mekanik. Itu harus menjadi bagian utuh, jangan tercerai berai. Jadilah peserta yang baik. Jaga nama baik provinsi yang kita cintai, jaga nama baik Jawa Barat, Pengprov Porlasi Jabar, dan KONI Jabar,” kata Budiana saat melepas tim layar Jabar di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (6/10/2023).

    fokusjabar.id PON XXI Layar
    Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana menyalami atlet layar yang akan bertanding pada babak kualifikasi PON XXI. (FOTO: Ageng)

    Ketua Umum Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PORLASI) Jabar Arief Prayitno mengungkapkan, sebanyak 25 atlet layar Jabar akan didampingi 4 orang pelatih, 2 orang teknisi dan 1 orang manajer pada babak kualifikasi PON XXI. Para atletnya pun sudah siap tempur untuk berjuang memperebutkan tiket kelolosan menuju PON XXI.

    “Jumlah total tim itu 32 orang. Kita sudah sangat siap, bahkan dengan mundurnya jadwal babak kualifikasi ini membuat persiapan dan latihan atlet semakin matang,” kata Arief.

    Tim layar Jabar sendiri akan mengikuti 16 dari 18 nomor yang dipertandingkan. Pihaknya menargetkan meloloskan atlet di semua nomor pertandingan yang akan diikuti agar bisa tampil di PON XXI yang akan digelar di Aceh.

    “Kita tidak ikut di semua nomor pertandingan karena dua nomor itu mendadak muncul begitu saja ditambah kita tidak memiliki perahunya dan atlet. Tapi dengan 16 nomor ini, kita cukup optimis bisa meloloskan semua atlet dan di cabor layar itu kelolosannya by number,” Arief menuturkan.

    Untuk pesaing terberat yang akan dihadapi Jabar pada PON XXI, Arief mengaku jika pihaknya mewaspadai dua provinsi. Yakni Kalimantan Timur dan Kepulauan Riau.

    “Hampir 75 persen atlet kita ini merupakan muka-muka baru. Meski demikian, kami optimis dengan kemampuan atlet-atlet kami dan Insha Allah bisa lolos di semua nomor yang diikuti. Apalagi kita punya modal dengan menjadi juara umum pada kejuaraan Tukik Sailing Renggata Anyer 2022 ditambah dengan kondisi angin yang cukup bagus disana,” kata Arief.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img