spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Balai Ternak BAZNas Untuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis memiliki visi kuat untuk mencapai kemandirian ekonomi yang sejahtera untuk semua warganya.

    Salah satu langkah dalam mencapai visi tersebut adalah melibatkan zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) dalam sistim ekonomi nya. Demikian dikatakan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra. Saat meresmikan Balai Ternak Baznas di Kelurahan Linggasari Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Kamis (5/10/2023).

    BACA JUGA: Rantis 4×4 LMM Martel Jadi Primadona Masyarakat Ciamis Saat HUT TNI ke-78

    Yana mengatakan, pihaknya mengakui bahwa hadirnya Badan Amilin Zakat Nasional (BAZNas) dapat menjadi solusi dalam upaya mensejahterakan masyarakat dengan zakat menjadi instrumen ekonomi nya untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

    “Pada hakikatnya Zakat adalah pembersihan harta yang diberikan oleh Allah kepada kita untuk digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan bersama,”katanya.

    Yana menuturkan, pihaknya mencatat bahwa perkembangan Baznas di Ciamis semakin positif dengan prestasi luar biasa dalam meraih predikat juara umum pada Baznas Award tingkat Jawa Barat. Hal ini menunjukkan pengelolaan ZIS di Ciamis semakin baik dari hari ke hari.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Berharap Smart City Terwujud

    “Pemerintah Ciamis berkomitmen untuk terus mendukung Baznas baik melalui regulasi yang telah diterbitkan maupun dengan program pemberdayaan Baznas yang khas untuk Ciamis,”ucapnya.

    Yana melanjutkan, Pemkab Ciamis akan terus mendorong Baznas untuk merumuskan program yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan daerah tanpa sekadar meniru program pusat atau provinsi.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi dan Pusat yang telah memberikan kepercayaan kepada masyarakat Ciamis melalui program Balai Ternak ini,” jelasnya.

    Sementara itu Ketua  BAZNas Provinsi Jawa Barat Anang Jauharrudin mengatakan, program tersebut diadopsi dari program Baznas Republik Indonesia dan hal itu merupakan bentuk apresiasi atas prestasi Baznas Ciamis sebagai juara umum dalam Baznas Awards tingkat Jawa Barat.

    “Program ini bukan hanya milik Baznas, tetapi merupakan hasil dari sumbangan dana ZIS yang dikumpulkan oleh umat dan kemudian diberdayakan untuk kepentingan umat itu sendiri,”jelasnya.

    Anang berharap, dengan Baznas dapat lebih memberdayakan masyarakat, terutama dalam ruang-ruang yang belum tercakup oleh dinas-dinas atau instansi terkait.

    “Program balai ternak Baznas ini menjadi bukti nyata bagaimana Zakat, Infak, Shodaqoh (ZIS) dapat digunakan untuk memajukan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat Ciamis,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img