spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Maulid Nabi Muhammad SAW, Cheka Ajak Teladani Akhlak dan Perjuangan Rosulullah

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Ribuan Umat Islam Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) memenuhi Masjid Agung mengikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (4/10/2023).

    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H dihadiri langsung Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah.

    Acara tersebut menghadirkan Mubaligh Kondang, Tata Sukayat, Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

    BACA JUGA: BRI Turun Tangan Atasi Kesulitan Pangan di Tasikmalaya

    Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengatakan, Maulid Nabi merupakan peringatan hari besar Islam yang sangat istimewa. Yakni lahirnya pemimpin besar Nabi Muhammad SAW di Kota Mekkah.

    “Maulid Nabi yang kita peringati setiap tahunnya sangat berharga bagi seluruh umat Islam dan  menjadi pengingat dalam mengenang suri tauladan dan ajaran-ajaran yang telah diwariskan oleh Rosulullah kepada kita semua selalu umatnya,” ungkap Cheka.

    Ia menjelaskan, Maulid Nabi memiliki makna yang sangat penting bagi keberlangsungan umat Islam dalam menjalani kehidupan di alam dunia.

    BACA JUGA: Citilink Resmi Terbang dari Lanud Wiriadinata Tasikmalaya

    “Banyak makna dari peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW. Yakni, mengingatkan perjuangan Rosulullah, sebagai bentuk dzikir dan doa, menjadi bentuk syiar Islam dan memahami silsilah keluarga Nabi SAW,” ujarnya.

    Cheka menuturkan, peringatan tersebut memiliki hikmah yang dapat dipetik untuk kehidupan sehari-hari. Seperti kedermawanan dan kemurahan hati, keadilan, rasa cinta dan kasih sayang, ketekunan dan kesederhanaan.

    “Momentum Peringatan Maulid Nabi menjadi semangat kita sebagai umatnya untuk selalu meneladani akhlak dan perjuangan Rosulullah SAW. Sekaligus meningkatkan kepekaan sosial bagi semua umat,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img