spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Garut Kulit Memukau Panggung Internasional NYFW 2023

    GARUT,FOKUSJabar.id: Brand produk kerajinan Garut Kulit Jawa Barat (Jabar) mencatatkan prestasi gemilang di panggung internasional, Sabtu (9/9/2023) lalu.

    Garut Kulit berhasil terpilih sebagai salah satu peserta yang memeriahkan New York Fashion Week (NYFW) yang digelar di Canoe Studios, New York City.

    BACA JUGA:

    Pemdes Sukaluyu Garut Gelar OPM Beras Premium

    Awal mula perjalanan Garut Kulit di industri fesyen bermula dari Sumarni Rifemi (Ani) yang sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan perminyakan internasional.

    Pada tahun 2013-2014, Ani mulai menjadi reseller. Dia menjual jaket kulit asal Garut kepada rekan kerjanya.

    Dengan pengalaman dan pelatihan yang diperoleh dari beberapa negara selama bekerja, Ani mulai mengekspor produk berbahan kulit ke berbagai negara pada tahun 2015.

    “Saya dibantu sama teman pemilik hotel di Afrika,” ungkapnya.

    Garut Kulit terus meraih prestasi luar biasa. Termasuk ketika  diundang untuk berpartisipasi dalam New York Fashion Week oleh Flying Solo, departemen store terkenal di New York.

    “Dia mengundang saya untuk ikut seleksi,” kata Ani.

    Garut Kulit berhasil mempresentasikan koleksi “Komodo” yang memukau dengan aksen-aksen komodo pada tas-tasnya, memperlihatkan elemen khas Indonesia.

    Dalam perhelatan NYFW, Garut Kulit mempersembahkan 8 koleksi produk tas kulit. Semuanya dihiasi aksen Komodo yang unik.

    Respon positif dari audiens dan media internasional semakin menarik perhatian dunia terhadap produk ini.

    “Komodo kan khas Indonesia. Jadi ada nilai, value dan ada pembedanya,” imbuh Dia.

    Setelah sukses melalui NYFW, Dia berharap produk kulit asal Indonesia, khususnya Garut dapat lebih dikenal di luar negeri.

    “Prestasi ini diharapkan juga dapat membantu meningkatkan citra produk kulit Indonesia secara global,” katanya.

    BACA JUGA:

    Pemkab Garut Distribusikan 100 Ton Beras ke 42 Kecamatan

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengapresiasi prestasi luar biasa di kancah internasional.

    Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ridwan Effendi mengungkapkan, event tersebut dapat lebih menguatkan produk unggulan Garut di kancah dunia.

    garut kulit fokusjabar.id
    Kepala Disperindag ESDM Garut

    Ridwan mengatakan, tidak hanya di New York, beberapa waktu sebelumnya Bupati Garut, Rudy Gunawan juga telah mempromosikan produk kulit khas Garut ke beberapa negara.

    Menurutnya, produk kulit khas Garut sudah tidak hanya menjadi ikon Kabupaten Garut, namun saat ini sudah menjadi ikon Jawa Barat, bahkan Indonesia.

    Ridwan berharap, prestasi di New York Fashion Week adalah awal dari perjalanan yang lebih besar.

    Di mana prestasi tersebut bukan hanya menjadi kebanggaan Kabupaten Garut, tetapi juga menjadi inspirasi bagi industri kulit Garut untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat.

    “Tentu dengan adanya event itu kita berharap Kulit Garut ke depan bisa lebih mendunia lagi. Serta bisa memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat,” tutup Ridwan.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img