spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Perdayakan Anggotanya, HMI Pangandaran Buka Usaha Catering

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Pangandaran lakukan terobosan baru dengan membuka usaha catering.

    Usaha catering tersebut merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan kader HMI Komisariat Pangandaran.

    Ketua Bidang Kewirausahaan Dan Pengembangan Profesi (KPP) Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Komisariat Pangandaran Rifal Mujahid yang akrab disapa Cimpul mengatakan, usaha catering yang digagas merupakan penyaluran talenta dan bakat juga minat kader HMI Komisariat Pangandaran.

    BACA JUGA: Polres Ciamis Distribusikan Air Bersih di Desa Ciparay

    “Banyak kader HMI Komisariat Pangandaran yang tertarik menjadi pengusaha, maka kami sepakat untuk berspekulasi menguji nyali dan potensi diri,” kata Cimpul Rabu (7/9/2023).

    Cimpul juga menambahkan, tradisi anggota setiap hari beraktivitas mengasah otak dengan cara berdiskusi dan menggagas wacana untuk melatih kepribadian yang memiliki nilai akademis.

    Selain itu juga, ketika kawan-kawan memenuhi kebutuhan hidup setiap hari dengan memasak di Sekretariat.

    “Setiap masakan yang kita santap setelah selesai makan bersama selalu dievaluasi dan dijadikan bahan diskusi, maka hasil diskusi tersebut diimplementasikan pada sesi masak selanjutnya,” kata Cimpul.

    Sebagai kalangan muda yang masih mengenyam pendidikan di kampus, HMI Komisariat Pangandaran memiliki prinsip bagaimana caranya terjadi perubahan dalam hidup, maka salah satunya harus keluar dari zona nyaman.

    “Kami memiliki banyak senior yang tersebar di berbagai profesi, akhirnya sepakat untuk membangun usaha catering dan senior fokus mencari pesanan dan permodalan,” kata Cimpul.

    Cimpul menerangkan, dalam usaha catering ini juga mengajak tetangga di lingkungan Sekretariat HMI Komisariat Pangandaran yang sudah terbiasa menjadi tukang masak di hajatan.

    “Karena pengerjaan melibatkan profesional yang berpengalaman, soal rasa dan sajian siap bersaing dengan pelaku usaha catering yang sudah berdiri,” kata dia.

    Ketua HMI Komisariat Pangandaran Acep Rifki Padilah mengatakan, usaha yang dilakukan ini adalah salah satu bentuk pemberdayaan kader dalam bidang kewirausahaan.

    Meskipun sekarang menjalankan usaha catering, pihaknya terus konsisten dalam melakukan kajian-kajian keilmuan.

    “Sebagaimana status kami adalah organisasi mahasiswa dan perannya sebagai organisasi perjuangan,” kata Acep.

    Acep juga menegaskan, akan terus berupaya untuk mengoptimalkan bidang-bidang yang ada, sebagaimana Bidang KPP sudah memulai usaha dengan catering.

    “Untuk bidang lain seperti Bidang Pengembangan, Penelitian dan Pembinaan Anggota atau P3A, Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan atau PTKP, Bidang Pemberdayaan Perempuan atau PP akan coba kami optimalkan program kerjanya serta akan terus melakukan kaderisasi untuk mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT sebagaimana tujuan HMI,” kata dia.

    BACA JUGA: Warga Gedebage Tolak TPS Sementara, Plh Wali Kota: Ini Darurat Tolong Pengertiannya

    Usaha yang saat ini dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Komisariat Pangandaran untuk melatih mental wirausaha para kader dan memfasilitasi kader yang bisa dan hobi memasak.

    “Banyak sekali program-program yang diselenggarakan oleh pemerintah terkait sosialisasi wirausaha dan UMKM, kini kami mencoba mengimplementasikan hal tersebut melalui usaha catering,” pungkasnya.

    (Sajidin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img