spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Pra PON XXI Bulutangkis Wilayah II, Jabar Cukur Sumbar 5-0

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim bulutangkis Jawa Barat memulai laga perdana dengan kemenangan sempurna pada babak kualifikasi atau Pra PON XXI wilayah II yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Sabtu (19/8/2023). Tim putra dan putri berhasil menang telak 5-0 atas tim Sumatera Barat.

    Di kelompok putra, Jabar menurunkan Muhammad F. Akbar R di tunggal pertama yang berhasil mengalahkan wakil Sumbar, Muhammad Yusuf dengan skor 2-1 (21-17, 15-21, 23-21). Lalu pasangan Muhammad Al Fauzan Hamba/Galuh Dwi Putra sebagai ganda pertama menambah keunggulan Jabar 2-0 usai menang dua set langsung dengan skor 21-11 dan 21-13 atas pasangan Deri Danello/Muhammad Hazel Iilah.

    fokusjabar.id bulutangkis PON XXI Jabar
    Partai pertama di sektor tunggal pada laga perdana Pra PON XXI cabor bulutangkis Wilayah II antara tim putra Jabar versus Sumbar. (FOTO: Ageng)

    Pada partai ketiga, Albani Muhammad Bije kembali menambah keunggulan tim Jabar usai mengalahkan single kedua Sumbar, Cristensen Utama dengan skor 21-7 dan 21-18. Lalu pasangan ganda kedua Jabar, Muhammad Rafi Alayman Jafar/Faisal Muhamad Akbar juga menang atas pasangan Sumbar, Abayze Patersay/Fikri Devano dengan skor telak 21-16 dan 21-9. Kemenangan 5-0 tim putra Jabar atas Sumbar ditutup dengan penampilan apik Muhamad Farda Dikri Abdullah yang mengalahkan M. Zahwan Nabil straight set 21-16 dan 21-9.

    fokusjabar.id bulutangkis PON XXI Jabar
    Partai kedua di sektor ganda pada laga perdana Pra PON XXI cabor bulutangkis Wilayah II antara tim putra Jabar versus Sumbar. (FOTO: Ageng)

    Kemenangan sempurna 5-0 pun diraih tim putri Jabar atas Sumbar. Azzahra Adha Haryanto membuka kemenangan Jabar usai mengalahkan Sari Nadira di partai pertama dan diikuti kemenangan Joeyline William/Farica Abela atas pasangan Cìnta Carolìna Sembiring/Hafizhah Athaullah Jadid di partai kedua.

    Pada partai ketiga, Dea Tri Wulandari menambah keunggulan menjadi 3-0 usai mengalahkan Aisyah Rahma Dwitami. Kemudian pasangan Sherly Asti Pratiwi/Dina Ainun Nissa Raharja menang atas pasangan Azahra Redita/Fhara Dwisya Azzahra serta Laili Dwiyanti Nur Rohmah menutup kemenangan menjadi 5-0 bagi Jabar usai mengalahkan Najla Faadhillah Indrava.

    “Jabar, Insha Allah, berpeluang besar lolos dari babak kualifikasi ini dan tampil di PON XXI cabang olahraga bulutangkis yang akan digelar di Medan, Sumatera Utara. Dibandingkan peserta babak kualifikasi PON XXI wilayah II ini, kekuatan Jabar masih diatas mereka,” kata Wakil Ketua I Binpres Pengprov PBSI Jabar, Herman Subardjah saat ditemui di sela-sela pertandingan, Sabtu (19/8/2023).

    Tak hanya berpeluang lolos dan tampil di putaran final PON XXI cabang olahraga bulutangkis, lanjut Herman, tim Jabar pun berpeluang besar meraih medali emas. Bahkan jika pertandingan cabang olahraga bulutangkis PON XXI digelar pada tahun ini, setidaknya lima medali emas bisa diraih Jabar.

    “Ini melihat potensi atlet yang kita miliki. Sebagian besar atlet bulutangkis yang kita daftarkan dalam long list yakni 14 putra dan 14 putri, merupakan finalis pada pelaksanaan kejurnas. Jadi tinggal bagaimana menjaga dan meningkatkan potensi yang sudah ada dengan pelaksanaan pemusatan latihan yang baik. Kita berharap dukungan penuh dari KONI Jabar,” Herman menegaskan.

    fokusjabar.id bulutangkis PON XXI Jabar
    Tim bulutangkis Jabar berfoto bersama Ketua KONI Jabar, M. Budiana. (FOTO: Ageng)

    Babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga bulutangkis sendiri dibagi dalam enam wilayah dan digelar scara serentak di enam provinsi dengan pertandingan beregu menggunakan sistem setengah kompetisi. Selain wilayah II di Kota Bandung, Jabar, babak kualifikasi PON XXI wilayah I digelar di Bangka Belitung, lalu wilayah III di DI Jogjakarta, wilayah IV di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, wilayah V di Mataram, Nusa Tenggara Barat, dan wilayah VI di Makassar.

    Untuk tim provinsi yang berhak tampil di PON XXI dari setiap wilayah diterapkan ketentuan yang berbeda. babak kualifikasi yang diikuti tim-tim unggulan yakni Jabar (wilayah II), DKI Jakarta (wilayah I), Jawa Tengah (wilayah III) dan Jawa Timur (wilayah V), provinsi yang menempati posisi dua besar berhak tampil pada PON XXI cabang olahraga bulutangkis di Medan, Sumatera Utara.

    Sedangkan untuk wilayah IV yang digelar di Kalteng dan wilayah VI di Makassar, provinsi yang menjadi juara berhak tampil pada PON XXI. Sehingga pada PON XXI tahun 2024, cabang olahraga bulutangkis akan diikuti oleh 10 provinsi yang terdiri dari 8 provinsi hasil babak kualifikasi ditambah dua provinsi tuan rumah PON XXI yakni Sumatera Utara dan Aceh.

    Untuk pelaksanaan babak kualifikasi PON XXI cabang olahraga bulutangkis wilayah II di Kota Bandung, Jabar, akan digelar hingga Rabu (23/8/2023). Babak kualifikasi wilayah II ini diikuti Sumatera Barat, Riau, Keulauan Riau, Jambi, serta tuan rumah Jabar dan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img