spot_img
Jumat 5 Juli 2024
spot_img
More

    Hadapi El Nino, Pemkot Tasikmalaya Siap Gunakan Anggaran Cadangan

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya mulai melakukan upaya dan langkah strategis untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi di masa musim kemarau (El Nino) yang saat sedang dihadapi.

    Pj Walikota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah pun meminta masyarakat dan Dinas terkait terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan segera melakukan langkah untuk menghadapi perubahan musim.

    BACA JUGA: Sekda Kota Tasikmalaya Sebut Anggota Paskibra Generasi Pilihan

    “kita minta BPBD Kota Tasikmalaya segera melakukan pemetaan titik-titik mana yang rawan terdampak musim kemarau, termasuk Dinas Kesehatan persiapkan pemeriksaan kesehatan masyarakat,”ungkap Cheka Virgowansyah usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Tasikmalaya Rabu (16/08/23).

    Ia menjelaskan, saat ini memang potensi El nino akan terjadi, namun memang belum sampai ke wilayah Kota Tasikmalaya.

    “Alhamdulilah sejauh ini memang belum melanda Kota Tasikmalaya, namun perlu antisipasi dan upaya untuk melakukan penanggulangan jika terjadi El nino,”jelasnya.

    BACA JUGA: Mahasiswa Akpar Nusantara Tasikmalaya Siap Ikuti Pelatihan di Luar Negeri

    Menurutnya, saat terjadi musim kemarau atau el nino, permasalahan yang perlu diantisipasi yakni masalah ketersediaan air bersih.

    “masyarakat Kota Tasikmalaya harus siap menghadapi perubahan musim, dan tentu pemerintah daerah juga siap membantu masyarakat jika memang terdampak kekeringan,”ujar Cheka.

    Ditambahkan, karena yang menjadi masalah utama saat kemarau adakah air bersih, maka perlu menjaga saluran-saluran air agar tidak terhambat termasuk resapan air harus dijaga.

    “Pemkot Tasikmalaya akan menggunakan anggaran cadangan untuk supporting menghadapi perubahan musim kemarau, kita wajib membantu masyarakat bilamana memang terjadi el nino, terutama ketersediaan air bersih dan penanganan penyakit,”pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img