spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Disdukcapil Ciamis Targetkan 200 Ribu Masyarakat Memiliki Identitas KTP Digital di Akhir Tahun 2023

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis menargetkan sebanyak 200 ribu masyarakat di Ciamis memiliki Identitas Kartu Tanda Penduduk Digital (IKD) di akhir Tahun 2023.

    Administrator Database Ahli Muda Disdukcapil Ciamis Aep Muflihudin mengatakan, target 200 ribu pemilik IKD itu karena Pemerintah Pusat menargetkan di akhir tahun 2023 kepemilikan IKD harus mencapai 25 persen.

    BACA JUGA: SMKN-1 Ciamis Siapkan Tenaga Kerja Bantu Mengurangi Pengangguran

    “Untuk di Kabupaten Ciamis saat ini jumlah masyarakat yang memiliki KTP 900 ribu jiwa. Jika melihat target 25 persen berarti di akhir tahun kita harus menargetkan 200 jiwa pemilik IKD,” kata dia kepada fokusjabar.id, Senin (7/8/2023).

    Untuk mencapai target tersebut Aep menjelaskan bahwa Disdukcapil Ciamis terus berupaya mensosialisasikan dan melayani langsung pembuatan IKD baik dalam pelayanan jemput bola maupun saat melakukan pelayanan di sekolah.

    “Setiap kami melakukan pelayanan, kami langsung meminta masyarakat untuk mengaktivasi IKD seperti saat pelayanan di sekolah yang baru membuat KTP langsung di aktivasi IKD nya, pelayanan jemput bola untuk lansia, orang sakit dan disabilitas juga seperti itu,” ungkapnya.

    Hingga pertengahan Tahun 2023, jumlah masyarakat yang sudah membuat IKD di Kabupaten Ciamis baru menyentuh angka 6 ribu lebih. Jika melihat angka tersebut tentunya target 200 ribu IKD di akhir tahun belum mencapai setengahnya.

    BACA JUGA: Informasi Sedikit Pembinaan Sulit, Ciamis Bertahan Zona Merah Radikalisme

    Adapun kendala yang dihadapi masyarakat Kabupaten Ciamis dalam pembuatan IKD, Disdukcapil Ciamis menjelaskan bahwa rata-rata masyarakat di Ciamis belum memiliki perangkat pendukung yang suport untuk meng instal aplikasi IKD.

    “Kendala nya, masyarakat masih banyak yang belum memiliki perangkat yang mendukung untuk mendownload aplikasi ktp digital tersebut. Terus untuk android minimal harus memiliki sistem operasi Android 7,” jelasnya.

    Namun, jumlah 6000 pemilik IKD di Ciamis merupakan peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Saat ini setiap hari selalu ada masyarakat yang membuat IKD.

    Dengan bertambah nya jumlah pemilik KTP digital di Ciamis itu menunjukan peningkatan dan kepekaan masyarakat bahwa pelayanan KTP digital akan sangat berguna walaupun saat ini penggunaan nya baru bisa di aplikasikan di Kereta Api dan Bandara.

    “Alhamdulillah, setiap hari di Ciamis selalu ada yang membuat KTP digital. Pelayanan pembuatan KTP digital selalu kami sosialisasikan setiap hari,” jelasnya.

    Dalam mekanisme nya pembuatan KTP digital itu bisa dilakukan secara mandiri namun saat proses scan barcode pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pengguna harus melakukan scan, scan tersebut bisa dilakukan di kecamatan maupun datang langsung ke Disdukcapil.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img