spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Pupuk Bersubsidi Ditemukan Dijual dengan Harga Diatas HET di Kota Banjar

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Harga pupuk bersubsidi di Kota Banjar ditemukan dijual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) di salah satu kios Sub Pengecer di Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Jawa Barat. 

    Sesuai dengan keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) Nomor 734 Tahun 2022, pada 2023 HET pupuk bersubsidi dipatok masing-masing senilai Rp 2.250 per kilogram untuk pupuk urea, Rp 2.300 per kilogram untuk pupuk NPK, dan Rp 3.300 per kilogram untuk pupuk NPK dengan formula khusus kakao.

    Pemilik kois Toto mengatakan, bahwa dirinya melayani tiga kelompok tani yakni kelompok tani Lugina 1, Lugina 2 dan kelompok tani Lugina 3.

    BACA JUGA: Bocah di Kota Banjar Hilang Misterius

    Kemudian dirinya mengaku, mendapatkan pupuk dari Jujun Junaedi pemilik kios Rukun Makmur yang beralamat di Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman, dengan harga jual Rp 3.000 per kilogram dengan alasan membeli dari kios Rukun Makmur dengan harga Rp 2.500. 

    “Menjual Rp 3.000 kan buat ongkosnya,” katanya saat di konfirmasi Selasa, (25/7/2023).

    Menurut dia, Untuk memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi dalam waktu satu tahun sebanyak 22 Ton. 

    BACA JUGA: Inflasi Tinggi, Warga Kota Tasikmalaya Ramai-ramai Beli Mobil

    Sementara itu saat itu saat dikonfirmasi Jujun Junaedi membantah menjual pupuk bersubsidi diatas HET, dia mengaku menjual pupuk sesuai dengan HET. 

    “Saya menjualnya per kilogram sebesar Rp 2.250 pupuk urea. Kalo per-karung (50 kilogram) Rp 115 Ribu bukan Rp 125 Ribu,” katanya. 

    (Sajidin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img