spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    60% Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Air

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan, sekitar 60℅ jemaah haji Indonesia sudah pulang ke Indonesia. Proses pemulangan jemaah haji dari Arab Saudi berlangsung hingga 4 Agustus 2023.

    “Kami terus memproses kepulangan jemaah. Alhamdulillah lebih dari 60% sudah kembali ke Tanah Air,” ujar Direktur Jenderal
    Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag Hilman Latief, di Jakarta, Jumat (21/7/2023).

    Hingga Jumat (21/72023) pukul 19.00 WIB jemaah haji yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 117.786 orang, tergabung dalam 311 kelompok terbang (kloter).

    Soal jemaah hilang, Hilman menjelaskan, proses pencarian masih terus dilakukan.

    “Alhamdulillah dari sekian puluh yang hilang sudah ditemukan tinggal tersisa 1 orang yaitu jemaah dari Palembang yang sampai saat ini belum ditemukan,” ujarnya.

    BACA JUGA: Masih Dicap Sesat oleh MUI, Pimpinan Ahmadiyah Buka Suara

    Hilman pun meminta kepada masyarakat Indonesia untuk mendoakan agar jemaah haji asal Palembang, Sumatera Selatan itu bisa ditemukan.

    “Mohon doanya dari masyarakat Indonesia agar segera bisa ditemukan agar memberikan ketenangan dan kepastian buat keluarga jemaah tersebut,” ujarnya.

    Seperti diberitakan, tiga jemaah haji Indonesia hilang saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Ketiganya yakni, Idun Rohim Zen (87) dari Embarkasi Palembang Kloter 20 (PLM 20), Suharja Wardi Ardi (69) dari Embarkasi Kertajati Kloter 10, dan Niron Sunar Suna (77) dari Embarkasi Surabaya Kloter 65 (SUB 65).

    Dua di antaranya telah ditemukan meninggal dunia yakni, Niron Sunar Suna,77, ditemukan meninggal dunia di Rumah Sakit An Nur. Kemudian, Suharja Wardi Ardi,69, juga ditemukan sudah meninggal dunia Rumah Sakit (RS) Mu’aisyim, Mina, Makkah.

    Saat ini, masih ada satu jemaah yang masih dicari, yaitu Idun Rohim Zen,87, yang tergabung dalam kloter 20 Embarkasi Palembang.

    (Dist)

    Berita Terbaru

    spot_img