spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Saksi Mata Pastikan Kebakaran Gedung PKBM Ciamis Disebabkan Kompor Gas

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Gedung Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang berlokasi di jalan Jend. Ahmad Yani, mengalami kebakaran hebat pada Jumat (7/7/2023) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Seluruh bangunan dan isi nya ludes terbakar

    Saksi mata Holis kepada fokusjabar.id mengatakan bahwa peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 21.30 WIB saat dirinya sedang asyik nonton bareng acara Persib Bandung di gedung Pramuka. 

    “Saat kejadian ada yang sedang masak di gedung PKBM, saya kaget ada teriakan minta tolong dari arah dapur lalu saya cek lah. Pas di cek ternyata ada kebakaran waktu itu api nya emang sudah lumayan besar,” kata dia. 

    BACA JUGA: Gedung PKBM Ciamis Terbakar, 40 Unit Komputer Hangus

    Holis menjelaskan bahwa api itu cepat merambat dan membakar bangunan gedung PKBM karena di dapur terdapat banyak benda yang mudah terbakar seperti kain. 

    “Api itu berasal dari kompor gas saya juga sempat kaget dengar suara kayak kita lagi bakar sampah ya, tak lama kemudian ada suara teriakan minta tolong,” ucapnya. 

    Lebih lanjut setelah melihat peristiwa kebakaran itu Holis mengaku bahwa dirinya langsung menelpon pihak yayasan gedung PKBM lalu tidak lama setelah itu datang pemadam kebakaran. 

    “Saya juga ikut panik kaget ya lagi nonton bola ada dengar suara minta tolong lalu dengan cepat saya menghubungi pihak yayasan gedung PKBM kemudian dari pihak yayasan langsung menelpon pemadam kebakaran,” jelasnya. 

    Sementara itu Pengelola Gedung PKBM Ciamis Ili Solihin mengatakan bahwa kebakaran itu menyebabkan seluruh bangunan terbakar termasuk isi dari gedung yakni berbagai macam dokumen penting dan 40 unit komputer. 

    “Ada ijazah di dalamnya terus ada dokumen belajar dari tahun 2006 sampai sekarang. Ada ijazah blanko, ada ijazah yang belum diambil kemudian arsip yang tersimpan untuk sekretariat,” kata dia. 

    Lebih lanjut dia menjelaskan untuk dokumen ijazah yang terbakar yakni ijazah tingkat paket A (SD), paket B (SMP) dan ijazah paket C (SMK) termasuk dokumen ijazah milik mantan menteri kelautan Susi Pudjiastuti. 

    Selain itu data penting lainnya yang terbakar yakni dokumen belanja sekolah SPJ tahun 2018 sampai saat ini termasuk dokumen belanja fingerprint. Semua dokumen menjadi nol. 

    “Untuk kerugian ya secara fisik ada 40 unit komputer, kerugian yang lainya belum bisa diperkirakan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena sudah pada pulang yang ada cuma penjaga disini. Atas kejadian ini kami akan membuat laporan ke berbagai pihak,” ujar dia.

    BACA JUGA: Jaga Ketahanan Pangan, Kades Cintajaya Ciamis Bagikan 40 Kambing ke Masyarakat

    Petugas Pemadam Kebakaran Unit Ciamis Kota Nanang Hernudin menjelaskan, pihak damkar menerima laporan terjadi kebakaran di gedung PKBM sekitar pukul 21.00 WIB lalu dengan cepat bergegas ke lokasi. 

    “Saat pertama kali datang ke lokasi api memang sudah besar bangunan sudah pada ambruk. Api itu berasal dari arah dapur,” kata dia. 

    Dalam peristiwa itu pihak damkar Ciamis menerjunkan 3 unit mobil damkar dibantu satu unit mobil air dari DPUPR Ciamis. 

    “Tadinya estimasi perkiraan apinya bisa padam sekitar satu jam tapi karena bangunan yang roboh ditambah awalnya kita cuma nurunin 2 unit mobil damkar jadi api bisa benar benar padam itu sekitar pukul 23.30 WIB lebih,” kata dia.

    (Fauza/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img