spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Mahfud: Pemerintah Belum Putuskan Tutup Pesantren Al Zaytun 

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan, pemerintah belum mengambil keputusan untuk membekukan izin operasional Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat.

    Ia mengatakan, saat ini masih menampung usulan agar izin pondok pesantren tersebut dibekukan.

    “Belum ada keputusan sampai ke situ. Kami belum sejauh itu. Mendiskusikan (soal kemungkinan ponpes ditutup) sudah pernah. Tapi, kami belum memutuskan hal tersebut,” ujar Mahfud di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023).

    Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengakui salah satu rekomendasi dari tim investigasi Pemprov Jabar yakni membubarkan Ponpes Al Zaytun.

    BACA JUGA: Kades Akui Alokasi Program Ketahanan pangan Tahun 2022 di Tambakreja Ciamis Konyol

    Meski begitu, kata dia, sebelum rekomendasi itu diambil, nasib ribuan santri yang sudah menempuh pendidikan di Ponpes Al Zaytun juga harus dipikirkan.

    Sementara, Mahfud mengaku tidak ingin terburu-buru untuk memutuskan penutupan Ponpes Al Zaytun. Salah satu pertimbangannya yakni ia tak ingin penutupan ponpes berdampak meluas ke daerah lain.

    “Sebagai masukan (dari Gubernur Jawa Barat) ya bagus. Karena Beliau yang ada di daerah dan tahu secara khusus kondisi di lapangan. Pak Ridwan Kamil benar ya melihat di situ ada masalah tapi kami melihat memutuskan berdasarkan (situasi) di Indonesia,” tutur dia, melansir IDN

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img