spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Peparpeda III Jabar Sukses Digelar, Jabar Incar Juara Umum Peparpenas X

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelaksanaan Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda) III Jawa Barat tahun 2023 berjalan dengan baik dan lancar. Kontingen Kota Bandung keluar sebagai juara umum pada ajang multieven olahraga pelajar disabilitas tingkat Jabar yang digelar di Kabupaten Garut, 26-28 Juni 2023.

    Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Hendri Winoto Hasan mengatakan, pelaksanaan Peparpeda III Jabar menjadi yang pertama digelar usai pandemi Covid-19. Ajang kali ini pun mendapat sambutan luar biasa dari seluruh peserta yang berasal dari 27 kota dan kabupaten di Jabar.

    “Total, ada 297 atlet pelajar paralympic yang mengikuti pelaksanaan Peparpeda III Jabar yang mewakili 27 kabupaten dan kota. Berkat kolaborasi yang baik antara Dispora Jabar, NPCI Jabar, dan Pemkab Garut, Alhamdulillah gelaran Peparpeda III Jabar tahun 2023 ini berjalan sukses,” kata Hendri kepada wartawan, Kamis 29/6/2023).

    fokusjabar.id peparpeda iii jabar
    Pertandingan cabang olahraga para-atletik pada Peparpeda III Jabar. (FOTO: Istimewa)

    Selain menjadi ajang pengembangan dan pembinaan olahraga pelajar berkebutuhan khusus, lanjut Hendri, Peparpeda III Jabar ini pun sebagai ajang penjaringan atlet. Pasalnya, kontingen Jabar akan mengikuti Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) X tahun 2023 di Palembang pada 29 Juli hingga 5 Agustus 2023.

    “Target kita juara umum Peparpenas. Tapi kita masih buta kekuatan daerah lain karena hampir lima tahun tidak berkompetisi bersama karena pandemi. Kami berharap para atlet paralympic pelajar Jabar bisa memberikan yang terbaik untuk mewujudkan Jabar Juara Umum di Peparpenas X Tahun 2023,” Hendri menegaskan.

    BACA JUGA: Dorong Pertumbuhan Wirausaha, SuperAdventure – Superpreneur Kembali Digelar

    fokusjabar.id peparpeda iii jabar
    Pertandingan cabang olahraga para-tenis meja pada Peparpeda III Jabar. (FOTO: Istimewa)

    Sementara pada ajang Peparpeda III Jabar tahun 2023, Kota Bandung berhasil menjadi juara umum sekaligus mencetak hattrick. Dari total 106 nomor pertandingan di lima cabang olahraga yang dipertandingkan yakni atletik, bulutangkis, catur, renang dan tenis meja, kontingen Kota Bandung berhasil meraih 18 medali emas, 10 perak, dan 1 perunggu.

    Posisi runner up diisi kontingen Kota Cimahi dengan raihan 13 medali emas, 10 perak, dan 3 perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati kontingen Kabupaten Bandung dengan raihan 13 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img