spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    8 Tahun Jalan di Banjarsari Ciamis Rusak, Warga: Biar Semua Wanita Keguguran

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Selama 8 tahun Jalan di Wilayah Dusun Panghauran, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis yang menjadi akses perekonomian warga setempat rusak tak kunjung diperbaiki.

    Kepala Dusun Panghauran Desa Sindangsari Sardi membenarkan hal tersebut, jalur jalan sepanjang kurang lebih 2 km belum mendapatkan perbaikan selama 8 tahun.

    “Jalur jalan ini ya selama 8 tahun belum ada perbaikan. Jika hujan air menggenang, sejauh ini perbaikan di beberapa titik melalui gotongroyong warga. Seperti membeli berangkal untuk menutupi bolongan-bolongan jalan yang membahayakan pengemudi,” kata Sardi, Senin (26/6/2023).

    Sardi mengungkapkan, selama 8 tahun pihaknya telah 5 kali mengajukan permohonan perbaikan ke pemerintah Daerah. Namun tidak satu pun berbuah hasil untuk pelaksanaan perbaikan jalan yang menjadi akses ekonomi warga.

    “Sudah 5 kali kita berusaha mengajukan perbaikan namun belum ada hasil. Sempat ada pengukuran-pengukuran jalan namun tidak ada tindak lanjut perbaikan,” jelasnya.

    Kondisi Jalan Rusak di Dusun Panghauran Desa Sindangsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis Depan Sekolah Dasar (SD) Negeri
    Kondisi Jalan Rusak di Dusun Panghauran Desa Sindangsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis Depan Sekolah Dasar (SD) Negeri

    Sardi mengatakan, terkait status jalan, sepengetahuannya jalur tersebut merupakan Jalan Kabupaten.

    Sementara itu, seorang Warga Sindangsari Narsih merasa pasrah sebagai warga Panghauran Ciamis. Dengan kondisi jalan bertahun-tahun tidak kunjung mendapat perbaikan.

    “Biar semua perempuan keguguran di jalan ini. Ya dengan kondisi jalan bergelombang ekstrim seperti ini bahaya buat ibu mengandung,” ungkap Narsih.

    Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Ciamis melalui Kabid Bina Marga Nono mengatakan jalan tersebut merupakan Jalan Desa.

    “Jalan itu bukan Jalan Kabupaten, namun merupakan Jalan Desa,” kata Nono.

    Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan dengan tegas pembangunan infrastruktur Ciamis mencapai 85 persen. Namun demikian, saat berdiskusi dengan mahasiswa di emperan jalan depan Pendopo Bupati Herdiat mengakui ada beberapa jalur jalan yang belum diperbaiki.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img