spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Pembangunan Kolam Retensi Babakan Ciparay dan Rancasari Segera Tuntas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah kota (Pemkot) Bandung terus membangun kolam retensi di sejumlah wilayah. Salah satunya di kawasan RW 12 Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay.

    Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pembangunan kolam retensi di Kelurahan Babakan Ciparay telah dimulai dan terus berprogres. Rencananya pembangunan akan selesai dalam waktu dua minggu.

    BACA JUGA: Transaksi Keuangan Digital, Dongkrak PAD Jabar

    “Alhamdulillah hari ini kita sudah mulai. Dibantu desainnya oleh Ciptabintar. Dalam waktu 2 minggu saya yakin itu akan selesai,”kata Ema Jumat (16/6/2023).

    Ema menyebut, pembangunan kolam tersebut sebagai upaya penanggulangan banjir yang sering terjadi di wilayah Babakan Ciparay.

    Kolam retensi di kawasan tersebut memakai sumur imbuhan. Hal ini untuk mengakselerasi tampungan air sehingga dampak yang dihasilkan menjadi maksimal.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Angkat Bicara Terkait Dugaan Ajaran Sesat Ponpes Al-Zaytun Indramayu

    Sementara itu, Pemkot Bandung juga sedang membangun di wilayah RW 12 Kelurahan Darwati Kecamatan Rancasari di atas tanah seluas 17.000 meter persegi.

    Rencananya dapat menampung sampah 5.400 meter kubik air.

    “Kedalamannya saya minta ditambah minimal 4 meter supaya daya tampung airnya bisa lebih banyak. Kemudian itu nanti pasti akan dipasang juga sumur imbuhan,” ungkapnya.

    Nantinya akan ditambahkan dengan jogging track dan taman.

    Ema berharap, dengan adanya kolam retensi yang juga difungsikan sebagai ruang terbuka dapat meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img