spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Popda XIII Jabar Kembali Digelar, 3 Ribu Lebih Atlet Pelajar Siap Berlaga

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 3.805 orang atlet pelajar yang berasal dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat terdaftar mengikuti pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII Jabar. Pelaksanaan Popda XIII Jabar akan digelar mulai 1 Juli hingga 10 Juli 2023.

    “Jumlah atlet pelajar yang sudah mendaftar pada tahap pertama mencapai 3.805 orang. Jumlah tersebut bisa mungkin berubah hingga tahap terakhir verifikasi keabsahan atlet yang akan dilakukan pada 23 sampai 27 Juni 2023,” kata Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Jabar, Sandi Arisma CPI didampingi Kepala Seksi Pembibitan Olahraga Prestasi, Gumelar Agusman Sarief saat ditemui di gedung Dispora Jabar, Jalan Pacuan Kuda Kota Bandung, Jumat (9/6/2023).

    Proses pendaftaran atlet, lanjut Sandi, dilakukan secara daring melalui laman simaung.jabarprov.go.id/popda. Simaung sendiri merupakan sistem informasi manajemen atlet unggul yang dikembangkan Dispora Jabar.

    “Melalui simaung, data dari seluruh atlet pelajar terintegrasi dalam satu sistem. Baik atlet pelajar Jabar yang berlaga di Popda, PPLP Jabar, maupun atlet yang berlaga di Popwilda,” dia menerangkan.

    Pelaksanaan Popda XIII Jabar sendiri akan mempertandingkan 24 cabang olahraga, setelah terakhir dipertandingkan pada tahun 2018. Dari 24 cabang olahraga tersebut, terdapat tiga cabang olahraga yang pada gelaran di tahun 2018 merupakan cabang olahraga eksebisi.

    “Ketiga cabor tersebut yakni panjat tebing, kempo, dan bola tangan. Sedangkan untuk pelaksanaan Popda XIII Jabar tahun 2023, terdapat satu cabor eksebisi yakni squash,” Sandi menambahkan.

    Pelaksanaan pertandingan ke-24 cabang olahraga Popda XIII Jabar, digelar tersebar di beberapa lokasi di wilayah Bandung Raya. Yakni di kawasan SPOrT Jabar Arcamanik, komplek olahraga Pajajaran, GOR Futsal ITB Jatinangor, komplek stadion si Jalak Harupat, komplek olahraga Saparua, serta Situ Cipule Karawang.

    “Untuk pelaksanaan pertandingan dimulai sejak tanggal 1 hingga 10 Juli 2023, sedangkan pembukaan akan digelar di gedung Youth Center SPOrT Jabar pada 4 Juli 2023,” kata dia.

    BACA JUGA: Pengukuhan Pelatda BK PON XXI Dilakukan Gubernur, Ini Kata KONI Jabar

    Selain untuk menguji pembinaan atlet pelajar di kota/kabupaten se-Jabar, pelaksanaan Popda XIII Jabar pun menjadi salah satu ajang seleksi atlet pelajar Jabar untuk Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun 2023. Gelaran Popnas ke-16 tersebut akan mempertandingkan 22 cabang olahraga di Palembang, Sumatera Selatan, 26 Agustus hingga 4 September 2023.

    Pada Popnas XVI tahun 2023, terdapat tiga cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di ajang Popda XIII Jabar. Yakni cabang olahraga menembak, wushu, dan balap sepeda yang merupakan cabang olahraga yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

    “Sementara di Popda XIII Jabar, ada lima cabor yang tidak dipertandingkan di Popnas XVI yakni gulat, bola voli pasir, tenis meja, bola tangan, dan tarung derajat. Kita gunakan Popda XIII Jabar ini sebagai salah satu ajang seleksi atlet untuk Popnas XVI sehingga ketentuan usia maupun persyaratan lainnya disesuaikan. Meski demikian, untuk menetapkan atlet pelajar yang membela Jabar di Popnas XVI nanti, kita akan tetap berkoordinasi dengan induk cabang olahraga yang bersangkutan,” Sandi menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img