spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Ribuan Content Creator Peserta SWJ Siap Promosikan Wisata di Jabar

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Ribuan peserta program Smiling West Java (SWJ) Ambassador 2023 yang terpilih mengikuti pelatihan content creator di Gedung Creative Center (GCC) Kota Tasikmalaya Rabu (97/06/23).

    Program SWJ 2023 ini sendiri digelar Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat sebagai upaya promosi wisata dengan melalui content creator.

    Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparbud Provinsi Jawa Barat Rispiyaga mengatakan, ini program Disparbud Jabar yang sudah memasuki tahun kedua, dan yang terdahulu sukses dilaksanakan.

    BACA JUGA: 1.000 Content Creator Jadi Duta Pariwisata, Ridwan Kamil Titipkan ini

    “Tahun kedua ini ada 1.000 orang yang kita latih untuk mengetahui cara membuat content creator sebagai langkah promosi wisata,” kata Rispiyaga.

    Ia menjelaskan, dari 1.000 peserta se-Jawa Barat tersebut diberikan pelatihan di 5 wilayah yakni di Bandung, Bogor, Purwakarta, Tasikmalaya dan Cirebon.

    “Pelatihan yang diberikan yakni 5 hal aspek teori Pariwisata yakni akomodasi, aksi, atraksi, akomodasi, aktivitas serta cara-cara membuat content creator yang baik,” kata dia.

    Menurutnnya, kebanyakan peserta SWJ tahun ini berasal dari Desa wisata di Jawa Barat, peserta dari wilayah Priangan Timur.

    “Pelatihannya kita lakukan di GCC Kota Tasikmalaya hari ini, dan tanggal 17 Juni di Cirebon,” ujarnya.

    Ia menambahkan, mereka yang sudah mengikuti pelatihan, tentu kedepannya akan terus dievaluasi perkembangannya agar lebih kreatif lagi.

    BACA JUGA: Memahami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

    “Sebenarnya banyak hal-hal yang bisa dipromosikan dengan melalui content, bukan hanya Pariwisata, tapi seperti budaya, kulinernya, dan produk ekonomi kreatif lainnya,” ujar dia.

    Lanjutnya, banyak jebolan-jebolan SWJ Ambassador telah berhasil mempromosikan daerahnya menjadi berkembang dan maju secara ekonomi karena melalui promosi content yang mereka buat.

    “Mereka banyak menjadi content creator profesional, dan bahkan menjadi selebriti ambassador dan artis gara-gara program SWJ,” pungkasnya. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img