spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    PMK Melandai, Kebutuhan Hewan Qurban untuk Idul Adha Meningkat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kebutuhan hewan Qurban saat Idul Adha 1444 H yang akan datang di wilayah Kabupaten Ciamis Jawa Barat diperkirakan akan ada peningkatan dari tahun sebelumnya.

    Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Syarif Nurhidayat mengatakan, diprediksi akan ada peningkatan hewan Qurban saat perayaan Idul Adha yang akan datang karena saat ini wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan sudah cukup melandai tidak seperti tahun yang lalu.

    BACA JUGA: P3DW Ciamis Gelar Pemeriksaan Pajak Kendaraan

    “Mengingat telah melandai nya Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di kabupaten Ciamis. Kami prediksi kebutuhan akan hewan Qurban akan ada peningkatan,” katanya.

    Syarif menuturkan, kebutuhan akan hewan qurban menjelang Idul Adha pada Tahun 2023 saat ini diperkirakan untuk Sapi 4.476 ekor, Kerbau 8 ekor, Domba 5.426 dan Kambing 1955 ekor.

    “Total 11.865 hewan Qurban sehingga ada peningkatan sekitar 10 persen dari Tahun 2022 lalu,”ucapnya.

    BACA JUGA: Ini Alasan Fraksi Gerindra Walkout dari Paripurna DPRD Ciamis

    Syarif melanjutkan, untuk data Hewan Qurban yang dipotong pihaknya selalu berkoordinasi dengan Bimas Kemenag kabupaten Ciamis setiap tahunnya sehingga  Disnakan selalu mendapatkan data berapa jumlah keseluruhan Hewan Qurban di Kabupaten Ciamis.

    “Mulai dari tanggal 9 Juni sampai dengan 2 Juli 2023 Disnakan Ciamis akan menerjunkan puluhan petugas kelapangan dalam rangka pemeriksaan Ante mortem dan Post Mortem kepada hewan Qurban untuk mengecek kelayakan hewan qurban itu,” ungkapnya.

     (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img