spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Itenas Masuk 12 Perguruan Tinggi Pendukung SGDs

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung memperoleh pengakuan internasional ternama Times Higher Education (THE) bersama 12 perguruan tinggi swasta (PTS) lainya.

    Ada 32 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang masuk dalam daftar The Impact Rangkings. Prestasi Itenas Bandung tentunya atas kontribusinya turut mendukung program yang diinisiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB (Sustainable Development Goals/SDGs), yang dibuktikan melalui masuknya Itenas dalam THE Impact Rankings 2023 yang dirilis 1 Juni 2023.

    Berdasarkan kriteria research, stewardship, outreach dan teaching tersebut, Itenas dianggap telah melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang sesuai program yang mendukung terciptanya SDGs.
    Beberapa kegiatan yang dimaksud antara lain kegiatan pengajaran yang dilakukan tenaga pengajar di Itenas memberikan value yang positif bagi mahasiswa, kegiatan penelitian dan publikasi yang dihasilkan civitas akademika Itenas memberikan dampak bagi kemajuan bangsa, serta kegiatan pengabdian langsung ke lapangan yang dampaknya dirasakan masyarakat.

    BACA JUGA: Itenas Gelar Lantatur Tes Cepat Covid-19 Gratis

    Rektor Itenas Bandung Prof. Meilinda Nurbanasari mengatakan, hal itu sudah menjadi tujuan yang sejalan dengan tugas utama Tridarma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat).

    Lebih lanjut Meilinda mengatakan bahwa pengajaran yang baik akan melahirkan inovasi dan karya ilmiah berkualitas yang akan menjadi sumbangan perguruan tinggi kepada masyarakat sebagai bagian dari pengabdiannya.

    “Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar di Itenas, sehingga para lulusan akan benar-benar qualified dan diterima dengan baik di masyarakat dan dunia kerja baik di skala nasional maupun internasional,” kata Meilinda melalui rilisnya, Selasa (6/6/2023).

    Merujuk pada 17 sasaran SDGs, secara spesifik Itenas mencapai skor yang tinggi pada tujuan SDG ke-4 kualitas pendidikan (education quality), SDG ke-5 kesetaraan gender (gender equality), SDG ke-7 energi bersih dan terjangkau (affordable and clean energy), dan SDG ke-17 kemitraan (partnership for the goals). THE Impact Rankings mengevaluasi kinerja perguruan tinggi menggunakan bidang indikator penelitian, tata layanan, jangkauan, dan pengajaran dalam mendukung 17 SDGs.

    Keberhasilan Itenas meraih posisi sebagai salah satu PTS terbaik berdasarkan THE Impact Rankings 2023 merupakan langkah positif Itenas untuk terus meningkatkan kualitasnya sebagai perguruan tinggi swasta yang berada di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV.

    Kontribusi Itenas dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah bukti dari pelaksanaan visi Itenas, ‘Menjadi perguruan tinggi terkemuka di bidang teknologi, sains, dan seni, yang berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan global, berdasarkan nilai-nilai integritas, kualitas, dan inovasi yang tinggi’ dan sejalan dengan motto Itenas yakni ‘Mengabdi bagi negeri, berperan dalam tataran global’.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img