spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    425 Siswa SMK ICB Siap Bekerja dan Wirausaha

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: SMK ICB mengadakan acara pelepasan dan kelulusan kepada 425 siswa yang siap bersaing di dunia industri dan wirausaha, Rabu (31/5/2023).

    Acara tersebut digelar di  Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta Kota Bandung Jabar.

    425 siswa tersebut berasal dari 3 SMK ICB Group. Yakni, SMK ICB Cinta Niaga, Cinta Teknika dan Cinta Wisata.

    BACA JUGA: Aulia Akbar Alumni Itenas Bandung Pemenang Lomba Desain Logo IKN

    Dalam acara tersebut, turut dilakukan penyerahan penghargaan terhadap salah satu siswa lulusan SMK ICB Cinta Niaga yang berhasil meraih Juara 1 lomba kuliner SMK se-Jawa Barat.

    Kepala SMK ICB Cinta Niaga, Galih Arifandi mengatakan, mereka yang lulu siap bersaing di dunia industri dan dunia wirausaha. Sehingga mereka dipastikan sudah memiliki kompetensi sesuai jurusan.

    “Kita hari ini melakukan pelepasan kepada ratusan siswa-siswi yang saat ini telah menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun. Kami fokuskan agar mereka siap berkerja dan wirausaha. Karena seyogyanya SMK didirikan adalah untuk itu,” kata Galih.

    Menurutnya, hal itu didukung oleh seluruh sarana prasarana yang ada di sekolah.

    Mulai dari kurikulum, pembinaan, sarana praktek hingga proses belajar mengajar sudah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan industri.

    “Seluruh siswa lulusan SMK ICB kita siapkan agar menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Nantinya, penyerapan lulusannya pun sudah sesuai dengan industri yang sama,” ucapnya.

    Galih menyebut, saat ini SMK ICB baik Teknika, Wisata dan Niaga telah menjalin kerjasama dengan berbagai industri yang bergerak di bidang-bidang yang sejalan dengan kompetensi keahlian yang dimiliki oleh SMK ICB.

    BACA JUGA:

    Propam Polres Ciamis Gelar Operasi Gaktibplin

    “Seperti Teknika, kita sudah melakukan kerjasama dengan Yamaha untuk menyesuaikan kebutuhan industri. Begitupun dengan Wisata, kita bekerja sama dengan Hotel Intercontinental untuk pendampingan industrinya. Dan Niaga saat ini kita sudah bekerjasama dengan Yogya Group,” jelasnya.

    Galih berharap, seluruh lulusan SMK ICB bisa menjadi insan yang siap bersaing di dunia profesional. Meski, tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

    “Integrasi dengan dunia industri sudah terjalin dengan baik, harapannya bagi para lulusan bisa dinyatakan siap berkerja. Kalau tekad kami sesuai dengan misi SMK dibentuk, jadi SMK kami ingin berfokus kepada berkerja dan wirausaha. Walau pun kami tidak menutup siswa boleh melanjutkan ke Perguruan tinggi,” ungkapnya.

    Sementara itu, Muhamad Rifki salah satu lulusan Industri Kuliner SMK ICB Cinta Wisata mengaku sangat bersyukur bisa bersekolah di SMK Cinta Wisata. Juara 1 Lomba Kuliner tingkat SMK se-Jawa Barat pun menurutnya tak akan bisa diraih jika ia tidak menempuh pendidikan di SMK ICB.

    “Alhmdulillah, SMK ICB sangat mewadahi siswa berprestasi, sudah dibekali ilmunya dan di suport juga untuk lombanya baik materi dan non materi. Padahal dulunya saya tidak bisa masak saya, pas ke sini saya belajar masak, terus coba-coba ikut lomba mulai dari tingkat bawah sampai sekarang bisa juara,” kata Rifki.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img