spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Diiming-iming Kerja di Kebun Binatang Bandung, Puluhan Orang Tertipu Puluhan Juta

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Puluhan orang yang diiming-imingi pekerjaan di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo mengalami kerugian puluhan juta rupiah akibat ditipu oleh oknum volunteer yang mengaku bekerja di Bandung Zoo sebagai Kepala Edukator.

    Salah satu korban penipuan lowongan kerja di Bandung Zoo Septian (24) mengaku ditipu oleh salah satu oknum yang berinisial FM. Pada hari ini, Jumat, 26 Mei 2023 ia dan puluhan korban penipuan ini mendatangi Bandung Zoo untuk meminta kejelasan.

    BACA JUGA:

    Viral Pemotor yang Acungkan Pistol di Sayati, Polisi Datangi Pelaku

    “Jadi kita awalnya ditawari lowongan pekerjaan di Bandung Zoo oleh FM, nah kita oleh FM ditawari loker itu untuk bisa bekerja di Kebun Binatang Bandung dengan berbagai posisi,”kata Septian saat ditemui, di Bandung Zoo Jalan Tamansari kota Bandung Jabar Jumat (26/5/2023).

    Menurutnya, FM mengaku sebagai salah satu kepala Edukator yang bekerja di Kebun Binatang Bandung yang menyebut banyak lowongan kerja mulai dari posisi ticketing, marketing hingga asisten edukator yang sedang dibuka dan membutuhkan banyak karyawan.

    “Jadi setelah menyebut ada lowongan, FM meminta sejumlah uang kepada para korban yang katanya untuk biaya administrasi. Kami total 41 orang memberikan uang kepada FM bervariasi, mulai dari Rp350.000 hingga Rp1.000.00,” ucapnya.

    Septian mengungkapkan, yang membuat para korban percaya, FM membuat surat palsu atas nama PT. Yayasan Margasatwa Tamansari yang seolah menerangkan bahwa para korban sudah diterima bekerja di Bandung Zoo selang beberapa hari mereka memberikan uang kepada FM.

    “Lalu FM memberikan kita surat kontrak kerja palsu yang menyebut bahwa kita diterima dan mulai bekerja di Kebun Binatang Bandung. Tanggalnya bervariasi, ada yang mulai tanggal 2 Juni hingga 5 Juni,”ungkapnya.

    Para korban menyadari bahwa FM melakukan penipuan ketika ada salah satu korban yang disebut bisa mulai bekerja per tanggal 24 Mei 2023. Namun, panggilan bekerja itu tak kunjung datang dan FM mendadak tidak bisa dihubungi.

    BACA JUGA:

    Ridwan Kamil Minta Kasus Penipuan Study Tour SMAN 21 Tak Terulang

    “Maka hari ini kita dipertemukan dengan pihak manajemen Kebun Binatang Bandung untuk meluruskan masalah ini. Ternyata, kita dapat keterangan bahwa yang dilakukan FM bukan atas perintah pihak yayasan melainkan penipuan.

    Kita mengaku rugi, semoga FM bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya dan ada itikad baik untuk mengembalikan uang kami.

    Bukan masalah nominal, tapi tanggung jawabnya jika tidak, kami juga sudah lapor ke polisi atas tindakan penipuan ini,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img