spot_img
Senin 5 Juni 2023
spot_img
More

    Minimal Samai Prestasi PON XX, Ini Yang Akan Dilakukan POSSI Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mempertahankan prestasi yang sudah diraih sebelumnya, menjadi target minimal yang diincar Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Barat pada PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. Hal tersebut terungkap pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) POSSI Jabar 2023 di Aula KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Rabu (24/5/2023).

    Seperti diketahui, tim Selam Jabar berhasil meraih 4 medali emas, 9 perak dan 6 perunggu pada PON XX/2021 di Papua. Jabar berada di posisi keempat dibawah Jawa Timur (13 emas, 6 perak, 3 perunggu), DKI Jakarta (8 emas, 3 perak, 3 perunggu) dan tuan rumah Papua (6 emas, 1 perunggu).

    Empat medali emas bagi tim Selam Jabar disumbangkan I Putu Bayu Ardhya Satrio di nomor kolam 200 m surface putra dan Dheya Nazhira Nurmalina di nomor kolam 50 m bifin putri. Lalu Raqi’el Az-Zahra yang meraih meraih medali emas di nomor kolam 100 m bifin putri serta Athalarik Maulidio Fernando dari nomor laut 3000 m finswimming putra.

    Ketua Umum Pengprov POSSI Jabar, Halim Utomo mengatakan, pihaknya tidak mau memasang target muluk-muluk untuk PON XXI tahun 2024 di Sumut dan Aceh. Minimal, bisa menyamai prestasi yang sudah diraih pada PON sebelumnya di Papua.

    “Kalau untuk meraih lebih, pasti kita ingin dan berharap itu. Tapi minimal bisa menyamai raihan prestasi sebelumnya saja dulu,” kata Halim saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (25/5/2023).

    BACA JUGA: Caroline Raih 3 Medali di UIPM 2023 Southeast Asian, MPI Jabar Minta Kepastian di PON XXI

    fokusjabar.id POSSI Jabar PON XXI
    Rakerda POSSI Jabar 2023. (FOTO: Istimewa)

    Untuk mencapai hal tersebut, lanjut dia, ujian awal yang harus dilewati yakni meloloskan semua atlet di semua nomor yang dipertandingkan di PON XXI. Karena itu, pihaknya akan mengirimkan atlet-atlet selam terbaik Jabar untuk mengikuti babak kualifikasi PON XXI yang akan digelar di Jakarta, 16-23 Juli 2023.

    “Total nomor yang akan dipertandingkan di PON XXI itu sebanyak 25 nomor. Kita bertekad bisa meloloskan semua atlet di semua nomor,” kata dia.

    Untuk babak kualifikasi, kata Halim, satu daerah bisa mengirimkan dua atlet untuk mengikuti satu nomor pertandingan. POSSI Jabar sendiri berencana untuk mengisi kuota full atlet yakni 50 atlet untuk mengikuti babak kualifikasi.

    “Kita tetapkan atlet peraih medali PON XX, peraih medali emas Porprov XIV Jabar, serta eks SEA Games Kamboja, mendapat wildcard untuk langsung masuk dalam komposisi tim tanpa harus melalui seleksi. Sementara sisanya akan kita seleksi,” Halim menuturkan.

    Pelaksanaan seleksi daerah (selekda) tim Selam Jabar untuk babak kualifikasi PON XXI, rencananya akan digelar di Kota Cirebon, 2-4 Juni 2023. Pihaknya berharap partisipasi semua pengcab POSSI kota/kabupaten di Jabar untuk mengirim atlet-atlet terbaiknya.

    “Kita akan ambil atlet terbaik untuk melengkapi kuota tim Selam Jabar yang dipersiapkan menghadapi babak kualifikasi PON XXI. Semoga harapan dan keinginan kita semua, minimal mempertahankan raihan medali PON XX atau bahkan melampauinya bisa tercapai di PON XXI,” kata Halim.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img