spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Caroline Raih 3 Medali di UIPM 2023 Southeast Asian, MPI Jabar Minta Kepastian di PON XXI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Atlet pentathlon putri asal Jawa Barat, Caroline Bangun berhasil mengibarkan bendera Merah Putih pada kejuaraan ‘UIPM 2023 Southeast Asian (Pentathlon) Championship‘ di Pantai Pattaya, Chonburi, Thailand, 19-21 Mei 2023. Pada kejuaraan tersebut, Caroline meraih tiga medali perunggu.

    Kejuaraan pentathlon tingkat Asia Tenggara tersebut, tidak hanya diikuti negara-negara Asean seperti Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Vietnam dan tuan rumah Thailand. Namun beberapa negara non-Asean pun ikut berpartisipasi dalam kejuaraan diantaranya Saudi Arabia, Libanon, Uni Emirat Arab, Jepang dan Hong Kong.

    Kontingen Indonesia sendiri mengirimkan empat atlet pada kejuaraan tersebut, yang dua diantaranya berasal dari Jabar. Yakni Caroline Bangun dan Samuel Matulatuwa.

    Caroline berhasil meraih tiga medali perunggu dari nomor laser run putri individu Asean dan laser run putri individu Asia. Caroline berhasil menyelesaikan lomba pada babak final laser run individu putri dengan catatan waktu 16 menit 57,96 detik, kalah atas wakil Philipina, Juliana Savilla dan wakil tuan rumah Thailand Papimon Aimarb yang meraih medali emas dan perak.

    Medali perunggu ketiga yang diraih Caroline disumbangkan dari nomor mix relay triathle Asia. Di nomor tersebut, Caroline berpasangan dengan Zaky Sholeh berhasil mencatatkan total waktu 23 menit 42.84 detik.

    Caroline/Zaky kalah atas perwakilan Jepang, Sora Murahashi/Ryunosuke Ishii dengan catatan total waktu 22 menit 56.12 detik dan berhak atas medali perak. Sedangkan medali emas diraih pasangan atlet tuan rumah Thailand, Chua Khemjira/Phuritut Yohuang yang mencatatkan total waktu terbaik 21 menit 06.39 detik.

    Sementara atlet Jabar lainnya yakni Samuel, gagal memboyong medali dari ajang tersebut. Usai menembus babak final di nomor triathle individu putra Asia, Samuel gagal memperbaiki catatan waktunya dan finish di posisi ketujuh.

    BACA JUGA: Tersangka Pembawa Kabur Uang Study Tour Siswa SMAN 21 Berhasil Ditangkap!

    fokusjabar.id pentathlon MPI Jabar
    Podium juara laser run individu putri ‘UIPM 2023 Southeast Asian (Pentathlon) Championship’. (FOTO: Istimewa)

    Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Modern Pentathlon Indonesia (MPI) Jabar, Trio Arsefto sangat bersyukur dengan pencapaian atlet asal Jabar pada kejuaraan yang diikuti negara-negara di Asean dan Asia tersebut. Pencapaian atlet merupakan hasil pembinaan berkelanjutan dan berjenjang yang dilakukan Pengprov MPI Jabar serta Pengcab MPI kota/kabupaten.

    “Ini membuktikan jika atlet Jabar sudah mampu bersaing dengan atlet-atlet dari negara Asia Tenggara dan Asia pada umumnya. Kejuaraan ini pun jadi ajang babak kualifikasi untuk Asian Games di China tahun 2023 nanti. Insya Allah, Caroline bisa mendapatkan tiket untuk kesana,” kata Trio saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (25/5/2023).

    Dengan prestasi yang sudah diraih di kejuaraan ‘UIPM 2023 Southeast Asian (Pentathlon) Championship’, Trio berharap Pengurus Pusat (PP) MPI bisa semakin meningkatkan proses pembinaan atlet kedepan. Salah satunya dengan mendorong dilaksanakannya pertandingan cabang olahraga pentathlon pada PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh.

    “Sampai hari ini, memang belum ada kepastian apakah pentathlon ini dipertandingkan atau tidak di PON XXI. Saya berharap PP MPI maupun KONI Pusat bisa secepatnya memberikan kepastian karena pada PON XX, pentathlon sudah dipertandingkan sebagai cabor eksebisi,” Trio menegaskan.

    Kepastian dipertandingkannya pentathlon pada PON XXI, lanjut Trio, menjadi bukti proses pembinaan keberlanjutan dan berjenjang diterapkan oleh PP MPI. Pasalnya, setiap pengprov MPI di Indonesia sudah melakukan proses pembinaan berjenjang untuk mendukung pencapaian prestasi Indonesia di level internasional.

    “Kami di Jabar melakukan pembinaan atlet secara berjenjang mulai dari kabupaten/kota hingga ke provinsi dan semuanya memiliki target. Seperti kabupaten/kota menjadi juara di Porprov dan di level provinsi bisa tampil gemilang di PON. Sementara untuk leve pusat atau PP MPI, yakni mengarumkan nama bangsa di ajang-ajang internasional seperti SEA Games, ASIAN Games hingga Olimpiade,” kata Trio.

    Untuk di level nasional, lanjut Trio, Jabar sudah memberikan bukti prestasi. Diantaranya meraih 2 medali emas pada eksebisi PON XX tahun 2021 di Papua, lalu meraih 3 medali emas kategori senior serta 8 medali emas kategori junior pada Kejurnas Jateng Open, dan 8 medali emas pada Kejurnas PP MPI.

    “Artinya, PP MPI jangan hanya menguras tenaga dan semangat kami pengprov MPI se-Indonesia hanya untuk memuluskan kegiatan PP MPI di tingkat Asean, Asia maupun dunia. Semuanya membutuhkan anggaran yang harus dipertanggungjawabkan di tingkatan wilayah masing-masing,” Trio menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img