spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Tunjang Visi Misi Bupati, Disnaker Ciamis Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Nila di Desa Baregbeg

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis menggelar program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja berdasarkan klaster kompetensi budidaya ikan nila di Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jumat (19/5/2023).

    Sebanyak 25 orang peserta mengikuti program pelatihan kerja dari disnaker dengan dilatih oleh para pakar yang berkompetensi di bidang perikanan.

    Pelatihan itu dilaksanakan selama 10 hari dimulai dari tanggal 19 sampai 30 Mei 2023.

    “Program ini merupakan program dari Pemda Ciamis dan sesuai dengan visi misi Pak Bupati yakni menciptakan tenaga kerja yang baru, mandiri dan bisa menggali potensi daerah,” kata Kepala Disnaker Ciamis Okta Jabal, Jumat (19/5/2023).

    Okta menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas, keterampilan , meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan membentuk usaha baru di bidang perikanan khusunya ikan nila di wilayah Desa Baregbeg.

    “Untuk jumlah peserta yang mengikuti ada 25 orang dari wilayah Desa Baregbeg mereka akan mengikuti pelatihan selama 10 hari dengan sumber anggaran dari APBD Ciamis melalui Disnaker,” ucapnya.

    BACA JUGA: Rumah Lansia di Ciamis Hangus Terbakar

    Okta pun meminta peserta mengikuti pelatihan dengan serius dan penuh semangat, karena merupakan program yang akan berguna bagi masyarakat.

    Menurutnya, para peserta dari Desa Baregbeg memiliki produktivitas serta keterampilan dengan adanya pelatihan itu mereka akan dididik melalui pelatihan kerja gratis untuk meningkatkan skil sesuai dengan potensi lokal Des Baregbeg yakni bidang perikanan.

    “Peserta akan dilatih secara teori dan praktek, jangan sampai bolos karena akan dididik kalau tanpa keseriusan ini tidak akan berhasil. Manfaatkan program ini, ilmu ini karena harapan kedepan memiliki peluang yang lebih besar,” pungkasnya.

    Sementara itu Camat Baregbeg Dede mengaku sangat bahagia karena Desa Baregbeg terpilih sebagai tempat pelatihan kerja dari Disnaker Ciamis tidak semua Desa bisa merasakan program tersebut.

    “Di Ciamis ada sekitar 200 lebih Desa, alhamdulillah Desa Baregbeg terpilih sebagai tempat pelatihan kerja saya sangat senang karena tidak semua Desa bisa merasakan program ini,” kata dia.

    Menurutnya, program yang dilaksanakan oleh Disnaker tersebut sudah sesuai dengan arah Bupati Ciamis dan merupakan program yang diprioritaskan.

    “Mudah mudahan program ini bermanfaat untuk menunjang peserta, mudah-mudahan ini bisa diikuti dengan benar karena ini sangat bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

    (Fauza/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img