spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Libur Lebaran, DPR Minta Destinasi Wisata Antisipasi Lonjakan Wisatawan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah, menyoroti kemungkinan lonjakan wisatawan pada libur lebaran 2023 M.

    “Karenanya tiap-tiap destinasi wisata harus mempersiapkan diri mengantisipasi lonjakan,” kata Ledia, Kamis (13/4/2023).

    Ledia mengatakan, masing-masing destinasi wisata mulai sekarang harus cermat menentukan kapasitas pada saat nanti libur hari raya Idul Fitri 1444 H.

    “Berhati-hati, membatasi jangan sampai over capacity, terjadi sesuatu gak bisa antisipasi,” ujar politisi PKS itu.

    Kemudian, kata dia, destinasi wisata mesti koordinasi dengan pihak keamanan. Tak hanya itu, koordinasi juga harus dilakukan dengan lingkungan setempat.

    BACA JUGA: Berbagi Kebahagiaan, Pewarta Bandung Gelar acara Ngabuburit dan Buka Bersama dengan Puluhan Anak Yatim

    “Karena ini sama-sama menambah income bagi yang menjual makanan dan sebagainya,” tuturnya.

    Selain itu, lahan parkir pun harus diperhatikan pemilik destinasi wisata saat libur lebaran tiba. Kembali lagi, mereka harus koordinasi dengan lingkungan setempat.

    “Kerja sama dengan lingkungan setempat, karena pasti akan terimbas, lebih dari biasanya kan. Pasti terimbas ke masyarakat lingkungan setempat,” jelasnya.

    Ledia pun meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung agar mampu mengantisipasi lonjakan wisatawan, mengingat yang saling berkunjung silaturahim bukan hanya warga Bandung.

    “Kalau sudah ada kesepakatan, pembicaraan yang baik insyaAllah akan terantisipasi,” ucapnya.

    Terakhir, Ledia menyoroti Covid-19. Ia mengingatkan masyarakat harus terus diingatkan bagaimana menjaga fungsi kesehatan.

    “Kalau yang sedang flu, sakit, sebaiknya tetap masker. Sehingga yang menggunakan masker orang-orang yang sedang kurang sehat, sehingga tidak akan menular ke yang lain,” tandasnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img