spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Selama Bulan Ramadhan, Disnakan Ciamis Pastikan Stok Komoditi Ternak Aman

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Mamasuki bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah Dinas peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis pastikan stok komoditi ternak aman. Demikian disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Ikan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan dan Perikanan Disnakan Ciamis drh. Asri Kurnia.

    Ketersediaan komodity tersebut seperti Ayam, Telur Ayam dan Daging Sapi semua persediaan terjamin aman.

    Baca Juga: Kadisnakan Ciamis Pastikan Stok Daging Sapi Pascalebaran Aman

    Pada siang hari di bulan suci ramadhan sebagian besar masyarakat Ciamis terutama umat islam sudah tentu tidak mengkonsumsi makanan dan minuman. Namun jumlah kebutuhan konsumsi Daging Ayam, Daging Sapi dan Telur cenderung meningkat di bulan ramadhan. Apalagi pada hari raya Idul Fitri.

    Menyikapi kondisi tersebut drh. Asri menjelaskan pihaknya telah melaksanakan pemeriksaan ante mortem dan post mortem. Seminggu sebelum bulan Ramadhan melaksanakan pemeriksaan daging ayam maupun daging sapi yang beredar di tengah masyarakat.

    “Kita sudah melakukan rangkaian pemeriksaan untuk peredaran daging selama ramadhan. Dengan estimasi peningkatan konsumsi dari tahun sebelumnya selama bulan ramadhan maupun jelang Idul Fitri,” katanya. Rabu, (29/3/2023).

    Untuk ketersediaan produksi daging ayam, Kabupaten Ciamis sendiri merupakan peringkat ke 2 Nasional setiap tahun. Meski terjadi peningkatan kebutuhan, namun ketersediaan komodity masih aman.

    Disnakan Ciamis Pastikan Persediaan Aman

    Untuk ketersediaan daging ayam Ciamis selama ramadhan ada di angka 29.972.047 kilogram. Sementara untuk kebutuhan menjelang dan selama bulan ramadhan di angka 12.515.559 Kilogram. Perkiraan kebutuhan untuk Idul Fitri sekitat 13.487.421 kilogram.

    Kemudian untuk ketersediaan telur ayam selama ramadhan ada di angka 4.014.400 ton. Kebutuhan menjelang dan selama ramadhan di angka 2.445.164 ton. Untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri sebanyak 2.448.784 ton.

    Sementara untuk ketersediaan daging sapi selama ramadhan sebanyak 107.484 kilogram. Kebutuhan menjelang dan selama bulan ramadhan sebanyak 52.076 kilogram. Kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri sebanyak 102.366 kilogram.

    drh. Asri menerangkan, untuk angka ketersediaan daging sapi Kabupaten Ciamis memang 70 persen masih mendapat suplai dari Daerah lain. Sementara 30 persen asli produksi peternak Ciamis.

    Hal tersebut terjadi karena sebagian besar di wilayah Jawa Barat bukan merupakan sentra peternak hewan Sapi.

    Mengenai peningkatan konsumsi pada hari raya Idul Fitri, drh. Asri mengungkapkan hal tersebut terjadi karena budaya. Dengan estimasi peningkatan jumlah pemudik tentu kebutuhan konsumsi hari raya meningkat.

    ‘Pada intinya Disnakan Ciamis dapat memastikan untuk persediaan Komodity Ternak Aman selama ramadhan dan Idul Fitri. Selain itu juga aman untuk konsumsi, rangkaian pemeriksaan hewan ternak dan pasokan daging ke wilayah Ciamis selalu kita utamakan untuk menjaga kualitas komodity yang tersebar untuk masyarakat,” pungkasnya.

    (Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img