spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    Puluhan Rumah Di Kabupaten Tasikmalaya Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Hingga Sabtu, 18 Maret 2023 pagi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat ada 20 rumah di Desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, rusak. 

    Kerusakan rata-rata pada bagian atap rumah itu, dipastikan akibat angin puting beliung menyertai hujan deras dan sebagian tertimpa pohon tumbang akibat tersapu angin. 

    BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Tagana, TNI, Polri dan masyarakat  melakukan proses evakuasi material rumah warga yang tertimpa pohon tumbang.

    BACA JUGA: Hujan Deras Disertai Angin Kencang Hancurkan Rumah Warga Di Kabupaten Tasikmalaya

    Meskipun tidak menelan korban jiwa, BPBD mencatat ada tiga ekor hewan ternak kambing milik warga yang mati di dalam kandang, akibat tertimpa reruntuhan pohon bambu.

    “Sejak sore kemarin, kami sudah berupaya lakukan evakuasi, namun karena faktor cuaca dan juga aliran listrik mati, proses evakuasi kami lanjutkan hari ini,” kata anggota BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nindi Anwar.

    Sementara itu, Kepala Desa Sukaharja, Indra menyebutkan, ada sekitar 23 rumah warga rusak. Tiga rumah di antaranya rusak berat. 

    Pihaknya berusaha untuk menggali sumber-sumber bantuan untuk menanggulangi para korban yang terdampak bencana.

    BACA JUGA: Sumringah, Heru Dapat Album Blackpink dan BTS dari Menteri Korsel

    “Untuk perbaikan rumah warga yang rusak, pemerintah desa akan berupaya mencari sumber anggaran termasuk mengusulkan kepada pemerintah daerah,” ujar Indra.

    Adapun terang dia, bagi para penghuni rumah yang rusak, saat ini sudah aman di rumah-rumah tetangga terdekat.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img