spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Jokowi Sebut Pembangunan IKN Bisa Selesai 10 Hingga 15 Tahun 

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) megatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bisa selesai dalam rentang waktu 10 hingga 15 tahun mendatang.

    Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar, di Komplek Pendopo Bersinar Tabalong, Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (17/3/2023).

    “Sekarang kita eksekusi dan sudah mulai. Insyaallah bisa dalam 10 tahun, bisa 15 tahun akan selesai dan ibu kota kita di Nusantara,” kata Jokowi.

    Jokowi mengapresiasi masyarakat Melayu-Banjar karena telah mendukung pembangunan IKN Nusantara.

    Dia memastikan, pembangunan tersebut sebenarnya tidak hanya berpindah secara fisik dan materi. Namun lebih dari itu, juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

    “Tetapi uang ingin kita pindahkan itu bukan fisiknya sebetulnya, kita ingin membangun sebuah cara-cara kerja yang baru bagaimana melayani masyarakat pemerintah, cara-cara kerja baru, melayani dengan cepat, melayani dengan baik,” ujar dia.

    BACA JUGA: Dua Polisi Terdakwa Tragedi Kanjuruhan Divonis Bebas, Polri Hormati Keputusan

    Jokowi lantas menyinggung sulitnya iklim investasi saat ini, di mana antarnegara saling bersaing dan memperebutkan kepercayaan para investor.

    “Tidak mudah sekarang ini, antarnegara saling bersaing, antarnegara saling berebut. Baik itu yang namanya investasi, baik yang namanya lalu lintas, dan persaingan itu tidak mudah,” tutur dia.

    Jokowi menyampaikan, pemindahan ibu kota sebagai upaya mewujudkan pembangunan yang Indonesia sentris sekaligus mendorong pemerataan ekonomi.

    “Ini untuk mewujudkan yang namanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img