spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Jago Syariah-AMAAN Kolaborasi Dukung Pemberdayaan Perempuan Pengusaha Mikro

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan pengusaha mikro, Jago Syariah selaku unit usaha Syariah dari PT Bank Jago Tbk berkolaborasidengan AMAAN.

    Dukungan tersebut dengan menggelar serangkaian kegiatan bertajuk ‘Sahabat Usaha idAMAAN,’ Jumat (17/3/2023) di Bandung Jawa Barat (Jabar) dan Senin (20/3/2023) di Serang, Banten.

    Jago Syariah Bersama AMAAN mengadakan kegiatan edukasi mengenai literasi keuangan, sosialisasi platform digital AMAAN, pelatihan kewirausahaan serta membuka akses pasar melalui bazaar sembako murah dan produk customer AMAAN.

    BACA JUGA: Holil Aksan Umarzen Minta Gubernur Jabar Perhatikan Kesejahteraan 1.700 Guru Honorer SMA Terbuka

    Kegiatan tersebut untuk Komunitas AMAAN. Yakni, para customer (Sahabat dan Ibu idAMAAN) serta para perempuan pengusaha mikro dan masyarakat di sekitar lokasi acara.

    AMAAN merupakan Digital Mass Market Ecosystem Platform yang dirancang dengan bertumpu pada empat pilar (keuangan, belanja, belajar dan Kesehatan).

    AMAAN tercatat sebagai penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan menjalankan bisnis financing agent.

    Para pengunjung acara diperkenalkan dengan platform AMAAN melalui sejumlah wahana agar dapat merasakan berbagai manfaat dari fitur yang ditawarkan aplikasi AMAAN.

    Kegiatan edukasi literasi keuangan diadakan melalui sesi talk show dengan menghadirkan dua narasumber.

    Yakni, Roy Iskandar selaku Head of Sharia Sales Management PT Bank Jago Tbk dan Dian Rizkiani, Customer Engagement Head PT AMAAN Indonesia Sejahtera.

    Dalam sesi tersebut, diperkenalkan metode pengelolaan keuangan AMAAN melalui Kang Motab (Makan, Membayar Angsuran, mendapatkan Modal dan memiliki Tabungan.

    Keempat aspek tersebut dikelola melalui sistem kantong-kantong dana yang dapat membantu para perempuan pengusaha mikro mengelola keuangan dan usaha mereka dengan cermat.

    Selain itu, para pengunjung mendapatkan pelatihan kewirausahaan oleh para praktisi usaha mikro di Bandung dan Serang agar dapat meningkatkan kapasitas usaha.

    Untuk memeriahkan acara, AMAAN mengadakan berbagai lomba dan undian berhadiah bagi para pengunjung bazaar.

    Jago Syariah berharap, seluruh rangkaian kegiatan dapat menumbuhkan kesadaran dan literasi atas pengelolaan keuangan berbasis syariah di kalangan perempuan pemilik usaha mikro.

    “Dengan fitur yang setara dengan perbankan konvensional, Jago Syariah hadir untuk menawarkan solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari dengan berdasarkan prinsip syariah (sharia life-centric digital financial solution),” kata Roy Iskandar.

    “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami yang berkesinambungan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai manfaat keuangan syariah dan Jago Syariah ke berbagai komunitas,” imbuhnya.

    BACA JUGA: Kantor Desa Jalatrang Ciamis Didemo Ratusan Massa

    “Kami berharap para pengusaha mikro dapat lebih berdaya dan mampu mengembangkan  diri dan keluarga mereka,” Roy Iskandar menambahkan.

    CEO AMAAN, Ratih Rachmawaty mengatakan, sebagai sebuah platform digital untuk layanan keuangan dan non-keuangan syariah, pihaknya memiliki aspirasi memberdayakan jutaan perempuan pengusaha mikro dan keluarga mereka.

    “Para perempuan pengusaha mikro seringkali menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari keterbatasan modal, akses pengetahuan hingga akses pasar. Melalui komitmen menjadi ‘Sahabat Pengusaha Mikro,’ AMAAN ingin memecahkan sejumlah problem tersebut dengan menawarkan solusi digital holistik beyond financial services melalui empat aspek,” katanya.

    AMAAN saat ini telah melayani konsumen di enam provinsi (Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan dan Lampung).

    Menurutnya, AMAAN menjadi mitra strategis Jago Syariah yang menyalurkan pembiayaan produktif kepada para customer.

    Perusahaan memiliki cita-cita yang sejalan dengan aspirasi Bank Jago. Yaitu, meningkatkan kesempatan tumbuh untuk jutaan insan melalui solusi digital yang berfokus pada kehidupan.

    Meneruskan Kebaikan di Bulan Suci Ramadhan

    Sebagai mitra strategis AMAAN, Jago Syariah mengajak komunitas perempuan pengusaha mikro dan masyarakat untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan “meneruskan kebaikan.”

    Jago Syariah mendorong nasabah untuk mengelola keuangan dengan baik secara syariah dan menunaikan niat baik. Hal ini dapat terlaksana melalui fitur Kantong Jago Syariah.

    Tiap Kantong memiliki nomor rekening masing-masing yang akan memudahkan nasabah untuk mengelola satu akun bank untuk mengelola berbagai kebutuhan usaha dan kesehariannya.

    Kantong sifatnya kolaboratif. Bisa digunakan bersama dengan keluarga dan orang terdekat.

    Nasabah dapat membuat kantong bersama untuk berbagai keperluan. Contohnya, mudik bareng dan kurban saat Idul Adha.

    Dengan Akad Wadiah dan Mudharabah, nasabah Jago Syariah dapat menempatkan dana di 60 kantong untuk berbagai kebutuhan.

    Tentang Bank Jago

    Awal berdiri di Bandung pada 1992 dengan nama PT Bank Artos Indonesia (Bank Artos).

    Setelah lebih dari 27 tahun melayani masyarakat dengan produk perbankan konvensional, pada 2019 Bank Artos memasuki era baru yang ditandai dengan masuknya PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dan Wealthtrack Technology Limited (WTT) sebagai pemegang saham pengendali baru setelah melakukan akuisisi saham Bank Artos sebesar MEI (37,65 persen) dan WTT (13,35 persen).

    Setelah Penawaran Umum Terbatas (PUT) tahap II, total kepemilikan MEI dan WTT 41,49 persen.

    Masuknya investor institusi, seperti GIC Pte. dan GoTo Financial memperkuat Bank Jago dalam memberikan solusi keuangan terbaik dengan cara terus berinovasi.

    Bank Jago dikembangkan sebagai bank berbasis teknologi yang kuat dan inovatif siap melayani kebutuhan nasabah di segmen pasar ritel (consumer), usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta mass market melalui produk dan layanan perbankan.

    Semuanya tertanam dalam suatu ekosistem dengan mengoptimalkan teknologi.

    Bank Jago meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi keuangan digital yang berfokus pada kehidupan.

    Tentang AMAAN

    AMAAN adalah perusahaan yang memberikan solusi bagi perempuan pengusaha mikro dan keluarganya untuk mengembangkan usaha dengan layanan keuangan dan non-keuangan berprinsip syariah dalam mewujudkan mimpi dan kesejahteraan.

    AMAAN menggunakan platform digital untuk mempermudah dan mempercepat proses bisnis.

    AMAAN memiliki aspirasi untuk bekerja meningkatkan kesejahteraan jutaan keluarga dengan cara memberdayakan perempuan pengusaha dan keluarganya untuk mengembangkan usaha, melalui solusi bisnis digital platform.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img