spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Baby Swim Perlihatkan Progres Positif pada Tumbuh Kembang Anak

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kegiatan baby swim yang digagas Salma Maulina Wijaya beserta para pelatih renang dari klub Bandung International Swimming School (BISS), mulai menunjukkan berbagai manfaat. Perkembangan anak-anak yang mengikuti kegiatan menunjukkan progres yang baik dalam perkembangan fisik dan mental.

    Hal tersebut diungkapkan langsung salah seorang pengasuh dari Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Kota Bandung, Siti Mariah saat ditemui di sela-sela kegiatan di kolam renang salah satu hotel di kawasan Dago Kota Bandung, Jumat (17/3/2023).

    “Perkembangan anak bagus setelah mengikuti baby swim ini. Daya tangkap terhadap sesuatu hal semakin bagus, lebih pinter, dan yang pasti makin lincah,” kata Siti.

    Selain itu, lanjut dia, sisi motorik anak-anak yang mengikuti kegiatan baby swim ini pun semakin baik. Termasuk dari sisi keberanian anak-anak lebih bagus dan lebih fokus dalam melakukan sesuatu.

    “Kita berharap program ini bisa terus berlanjut karena manfaatnya sudah terlihat baik pada perkembangan anak. Banyak yang awalnya kurang berani dan menangis saat akan turun ke air, tapi setelah menjalaninya justru mereka lebih antusias. Lebih berani dan lebih aktif,” Siti menegaskan.

    BACA JUGA: Pelepasliaran Burung di Tahura, Picu Keanekaragaman Fauna

    fokusjabar.id baby swim Salma Maulina Wijaya
    Salma Maulina Wijaya bersama salah seorang anak saat kegiatan baby swim. (FOTO: Ageng)

    Salma Maulina Wijaya mengatakan, sesi baby swim kali ini yang diikuti puluhan anak-anak dari Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Kota Bandung merupakan yang keempat kali. Dari empat sesi yang sudah dilakukan, berbagai perubahan perkembangan anak-anak sudah terlihat lebih baik.

    “Mereka jadi lebih berani dan lebih cepat tanggap saat diberikan intruksi. Dari sisi komunikasi pun anak-anak lebih lancar. Ini menjadi hal penting bagi perkembangan anak kedepan,” kata Salma.

    Lulusan Hubungan Internasional University of Leeds ini mengaku akan berkomunikasi lebih lanjut dengan para pelatih lain terkait keberlanjutan program. Pihaknya bersama pelatih lain akan melakukan berbagai evaluasi dari pelaksanaan kegiatan yang sudah dilakukan.

    “Meski sudah memperlihatkan progres yang baik dari tumbuh kembang anak, namun kami tetap melakukan evaluasi sehingga pelaksanaan program ini lebih baik kedepan. Kita akan lihat lagi apakah akan ada metode baru atau seperti apa, yang pasti saya pun bgerharap agar program ini bisa berlanjut,” kata Puteri Indonesia Favorit tahun 2023 asal Jawa Barat ini.

    Salma menjelaskan, kegiatan baby swim bertujuan untuk melatih fungsi tubuh, merangsang aktifitas anak dengan cara menggerakan tangan dan kaki serta melatih otot-otot secara aman dan berguna untuk melatih sistem motorik. Kegiatan ini pun memiliki berbagai manfaat, diantaranya meningkatkan IQ, menyehatkan badan dan merangsang gerakan motorik, mengasah kemandirian, keberanian dan percaya diri, menghilangkan rasa takut pada air, meningkatkan kemampuan sosial, serta sarana bermain bagi anak.

    “Sebagai pelatih dan generasi muda, saya ingin terus memberi inspirasi bagi anak muda lain untuk memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. Salah satunya ikut peduli terhadap perkembangan anak-anak, baik dari sisi fisik maupun mental, sebagai masa depan bangsa untuk menyongsong generasi emas tahun 2045 mendatang,” kata anggota Paskibraka Kota Bandung dan Jabar tahun 2026 ini.

    BACA JUGA: Ajak Anak Yatim Piatu Berenang, Cara Salma Tingkatkan Kualitas Masa Depan Bangsa

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img