spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Bos KSP Indosurya, Henry Surya Diamankan Bareskrim Polri

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Bareskrim Polri resmi menahan bos Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya, Henry Surya, terkait kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan pemalsuan dokumen.

    Karo Penmas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, Henry kembali ditetapkan sebagai tersangka pada 13 Maret 2023.

    “Henry akan ditahan di Rumah Tahanan Bareskrim Polri selama dua puluh hari ke depan,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Kamis (16/3/2023).

    Ia menjelaskan, penyidik menangkap Henry di Apartemen Residence Kuningan, Jakarta Selatan (Jaksel) pada 14 Maret 2023.

    BACA JUGA: DPR Desak Sri Mulyani Evaluasi Eselon I dan II Perpajakan

    “Penyidik menerapkan pasal yang berbeda dengan yang penanganan sebelumnya,” kata dia, melansir IDN.

    Penetapan tersangka ini menjadi babak baru bagi Henry Surya setelah dia divonis lepas oleh pengadilan dalam kasus penggelapan dana nasabah KSP Indosurya.

    Sebelumnya, para petinggi yang divonis lepas itu adalah Ketua KSP Indosurya Henry Surya dan Direktur Keuangan June Indria. Kasus ini merugikan 23 ribu orang dengan total kerugian mencapai Rp106 triliun.

    June divonis lepas lebih dulu pada Rabu (18/1) di Pengadilan Negeri (PN Jakarta Barat). Kemudian, Henry menyusul divonis lepas oleh PN Jakbar pada Selasa (24/1).

    Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Robertus Yohanes Dedeo mengatakan Henry resmi ditetapkan sebagai tersangka dari hasil gelar perkara yang telah dilakukan penyidik.

    Henry ditetapkan sebagai tersangka setelah Bareskrim Polri membuka lagi penyidikan kasus Indosurya, usai Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan vonis lepas para terdakwa kasus itu.

    Penyidikan kali ini menjerat Henry terkait dengan dugaan tindak pidana menempatkan dan/atau memberikan keterangan palsu dalam akta autentik, serta mempergunakan surat palsu dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img