spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Masjid Al Jabbar Undang Ustad Khalid Basalamah, Wagub Jabar Buka Suara

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ustad Khalid Basalamah bakal mengisi ceramah pada acara Gazwah Weekend Festival di Masjid Al Jabbar pada Sabtu (18/3/2023) mendatang.

    Wakil Ketua DKM Masjid Al Jabbar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, masjid yang terletak di Kawasan Gedebage tersebut merupakan tempat ibadah milik seluruh umat Islam.

    Ia menilai, tidak ada larangan untuk pemuka agama menggunakan masjid tersebut. Asalkan, kata dia, isi ceramahnya harus membangun kesadaran keimanan, ketakwaan, rasa nasionalisme, dan kebangsaan.

    “Sepanjang itu membawa kemaslahatan dan tidak membawa kemudaratan, tidak bertentangan dengan dasar negara, dan tidak membuat perpecahan, saya kira sah-sah saja, tidak masalah,” ucap Uu, Senin (13/3/2023).

    BACA JUGA: PWI Jabar Gelar Lomba Karya Jurnalistik, Segera Daftar

    Uu pun meminta kepada Ustad Khalid Basalamah agar menyampaikan konten ceramah yang menyejukan.

    Ia menyatakan, sangat melarang keras Masjid Al Jabbar digunakan untuk memecah belah umat Islam melalui ceramahnya.

    “Sekalipun mengaku sebagai ormas Islam, tapi kalau ceramahnya hanya untuk memecah belah umat, menjelek-jelekkan kelompok satu dengan kelompok lain, saya tidak rela,” kata pria yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat itu.

    “Sepanjang ceramahnya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, sah digunakan. Kalau isi ceramahnya memecah belah umat, setelah beres ceramah umat jadi benci satu sama lain, saya tidak mengizinkan,” katanya, melansir iNews.

    Namun, saat ini Masjid Al Jabbar masih dalam tahap perawatan dan persiapan menyambut bulan Ramadhan. Masjid Al Jabbar akan kembali dibuka pada awal Ramadhan.

    Sehingga, kata Uu, rencana Ustad Khalid Basalamah yang akan mengisi ceramah di Masjid Al Jabbar kemungkinan tidak bisa terlaksana.

    “Masjid Al Jabbar tutup sampai awal bulan Ramadhan. Bukan berarti kami menutup beliau (Ustaz Khalid Basalamah) tapi sebelum beliau ingin berceramah juga sudah tutup,” katanya.

    Ustad Khalid Basalamah Mendapat Penolakan

    Sebelumnya, anggota GP Ansor Afif Fuad Saidi memprotes rencana masjid Al Jabbar mengundang Ustad Khalid Basalamah

    Menurutnya, Ustad Khalid Basalamah merupakan salafi yang bisa memunculkan keresahan masyarakat. Dia juga menyampaikan langsung kepada Ridwan Kamil melalui cuitan di Twitter.

    “Pak @ridwankamil Saya kecewa kpd Bapak, sumpah. Ini masjid pemprov, dan ngasi panggung ke Khalid Baasalamah, karep e smean gimana?,” tulisnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img