spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Kunjungan Surya Paloh ke Demokrat, AHY: Kami Ingin Kapal Koalisi Ini Berlayar dan Menang

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh silaturahmi ke kantor DPP Partai Demokrat (PD), Rabu (22/2/2023). Kedatangan Surya Paloh di tengah guyuran hujan disambut hangat dan dipayungi langsung Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

    surya paloh fokusjabar.id
    AHY dan Surya Paloh (foto dok)

    BACA JUGA:

    AHY Bakal Terima Kunjungan Surya Paloh

    Dalam konferensi pers, AHY mengatakan, kesamaan pandangan Demokrat dan NasDem dalam menyikapi berbagai isu nasional. Salah satunya terkait wacana sistem Pemilu proporsional tertutup.

    Partai Demokrat dan NasDem sepakat menolak upaya mengembalikan demokrasi yang sentralistik.

    “Sejatinya, kita yang terus mengalami perubahan-perubahan sepanjang zaman telah meyakini bahwa sistem Pemilu proporsional terbuka adalah yang terbaik, relevan, dibutuhkan dalam demokrasi semajemuk dan sedinamis Indonesia. Kalau kita kembali lagi ke sistem proporsional tertutup, artinya kita set back, mundur sekian belas tahun ke belakang,” jelas AHY.

    Terkait Koalisi Perubahan, Ketum Demokrat menegaskan, komunikasi Demokrat , Nasdem dan PKS makin baik dan intensif.

    Menurut AHY, ketiga Parpol telah memiliki semangat yang sama untuk mendorong perubahan dan perbaikan demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

    Ketum Demokrat juga menegaskan, sikap dan posisi politik Partai Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Bacapres yang telah disampaikan 26 Januari 2023 lalu bukan hanya sekadar test the water.

    BACA JUGA: Soal Cawapres Anies, Surya Paloh: Saya Juga Cocok

    Sikap Demokrat telah melewati proses, konsultasi, komunikasi yang intensif di internal dan struktur Demokrat dari pusat hingga daerah.

    “Kami sepakat bahwa untuk mengusung perubahan dan perbaikan, kita juga harus bisa memberikan ruang kepada Saudara Anies Baswedan untuk bisa menjadi calon presiden yang juga diyakini bisa membawa atau merepresentasi gerakan perubahan,” jelas AHY.

    “Kami ingin kapal koalisi ini bisa berlayar. Mudah-mudahan tidak hanya berlayar, tapi bisa menang,” kata Ketum Demokrat.

    AHY menyampaikan, kedekatan Partai Demokrat dngan Surya Paloh sudah terjalin lama. Tepatnya, ketika Surya Paloh berjuang bersama SBY pada Pilpres 2004.

    “Sebagai sahabat dan juga sebagai negarawan, beliau berdua  (SBY dan Surya Paloh) ingin terus meyakinkan bahwa regenerasi terjadi dengan baik dan tentunya semua bertanggung jawab untuk menyiapkan masa depan Indonesia yang lebih baik,” pungkas AHY.

    (Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img