spot_img
Minggu 16 Juni 2024
spot_img
More

    Feeling Worthless, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

    BANDUNG,FOKUSJabar.idFeeling Worthless merupakan jenis emosi yang dialami seseorang saat merasa dirinya tidak berharga dan tidak berguna untuk siapapun.

    Seseorang yang sering mengalami perasaan seperti ini tentunya akan hidup tertekan dan kesulitan beraktivitas normal karena kehilangan motivasi.

    Selain itu, akibat dari pikiran negatifnya, mereka menjadi rentan terkena stres atau depresi. Bahkan, lebih jauhnya, ada yang sampai bunuh diri.

    BACA JUGA:

    Terjerat Kasus, Aktris Park Min Young Dilarang Tinggalkan Korea Selatan

    Nah, Kenapa merasa tidak berharga dapat muncul? Yuk, ketahui penyebab-penyebabnya sekaligus cara mengatasinya.

    Penyebab Feeling Worthless

    1. Kegagalan Masa Lalu

    Penyebab yang paling dominan dari munculnya perasaan tidak berharga adalah saat seseorang belum bisa menerima kegagalan yang dialaminya.

    Sehingga terus mengingat-ingat kegagalan tersebut dan mengandaikan keberhasilan, seperti; tidak lolos masuk sekolah kedinasan, gagal menjadi juara dan lain-lain

    Solusinya adalah fokus terhadap masa depan, karena masa lalu sudah terlewat dan tidak dapat diubah kecuali dijadikan alat untuk memperbaiki sedangkan masa depan adalah misteri yang membutuhkan persiapan.

    1. Lingkungan Terdekat yang Toxic

    Lingkungan terdekat memberikan pengaruh yang fatal terhadap munculnya perasaan tidak berharga, termasuk pergaulan sehari-hari dan pola asuh orang tua.

    Seperti; sering membanding-bandingkan, selalu meremehkan keberhasilan seseorang, pandai mengkritik hingga berekspektasi terlalu tinggi.

    Dalam hal ini, lingkungan adalah faktor yang paling berat namun cobalah fokus terhadap kelebihan diri dan terapkan sikap bodo amat.

    BACA JUGA: Yuk Nonton Waktu Magrib di Bioskop Kesayangan Anda

    1. Media Sosial

    Tentu saja, media sosial juga memiliki peran dalam terbangunnya perasaan tidak berharga pada diri seseorang seperti publikasi tentang pencapaian orang lain.

    Namun, cukup sederhana mengatasinya yakni dengan cara memahami diri sendiri, jika sering merasa tidak berharga saat melihat orang lain berhasil, ada baiknya tidak dilihat.

    Selain itu, luasnya ruang komunikasi di media sosial memungkinkan menerima banyak tanggapan termasuk komentar negatif, maka fokuslah pada komentar positif.

    Itulah beberapa penyebab Feeling Worthless atau meras tidak berharga sekaligus cara mengatasinya.

    (Gita Yulia/Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img