spot_img
Kamis 22 Februari 2024
spot_img
More

    Interpersonal Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja, Simak Penjelasannya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebagai fresh graduate harus menguasai beberapa skill supaya dapat menarik perhatian perusahaan. Lalu, kira-kira apa saja skill tersebut? Simak penjelasannya

    – Komunikasi

    Mengutip Job Street, memiliki keterampilan komunikasi yang baik dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan. Banyak perusahaan mencari kandidat karyawan yang pandai dalam berkomunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal. Kemampuan komunikasi dengan bahasa yang jelas dan orang lain mudah mengerti.

    Komunikasi dapat secara verbal dan non-verbal. Bentuk komunikasi non-verbal seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan eye-contact. Menjaga eye-contact pada lawan bicara sangat penting agar lawan bicara tertarik. Dapat mempelajari keterampilan ini secara otodidak sehingga kamu bisa mempersiapkannya dari sekarang.

    – Percaya Diri

    Seseorang menunjukkan kemampuan berbicara dengan pede, postur tubuh tegak, dan memiliki keyakinan yang kuat. Rasa tidak percaya diri membuat orang kehilangan peluang dan kesempatan berharga.

    Baca Juga: 8 Rekomendasi Lagu Indonesia yang Memaksa untuk Galau

    – Kolaborasi & Kerja Tim

    Penting bagi kamu untuk menguasai keterampilan teamwork atau kerja sama tim. Bekerja dalam tim perlu kemampuan adaptasi, fleksibilitas, komunikasi, mendengarkan secara aktif, dan tanggung jawab supaya tugas dapat terselesaikan dengan baik.

    Melansir dari Target Jobs, membangun hubungan kerja yang positif dapat membantu semua orang dalam mencapai tujuan bisnis. Perusahaan juga mencari kandidat karyawan yang dapat bekerja secara fleksibel, baik bekerja secara mandiri maupun secara tim. 

    – Kepemimpinan atau Leadership

    Dalam dunia kerja membutuhkan jiwa kepemimpinan karena saat bekerja harus mampu mengambil keputusan secara tegas, cepat dan tepat. Pemimpin yang baik juga memiliki sifat empati dan kesabaran yang tinggi. Fresh graduate harus mempunyai skil jiwa Leadership atau kepemimpinan.

    Sangat penting untuk menunjukkan bahwa kamu mempunyai potensi dalam memotivasi rekan kerja tim agar tetap semangat. Tidak hanya itu, skill leadership juga berguna ketika kamu memutuskan tenggat waktu pekerjaan dengan baik.

    – Kestabilan Emosi

    Seseorang dengan kestabilan emosi yang tinggi mampu melihat, mengenali, mengevaluasi, dan mengendalikan emosinya sendiri. Tipe orang seperti ini tidak akan mencampuri urusan pribadi dan pekerjaan serta mampu membawa dalam segala situasi.

    – Problem Solving, Negosiasi, dan Mediasi

    Adalah soft skill berkaitan dengan proses untuk menganalisis dan menemukan solusi efektif dari sebuah masalah. Membutuhkan skill pandai negosiasi, memecahkan masalah, dan menjadi mediator untuk menghindari terjadinya konflik dan membuat keputusan agar semua pihak dapat menerima.

    Penting untuk memiliki keterampilan problem solving yang baik bagi seorang fresh graduate.

    Dengan memiliki kemampuan ini, saat melihat suatu masalah kamu dapat menyelesaikannya dari berbagai sudut. Hal tersebut tentu perusahaan sanga menyukainya yang nantinya akan mempekerjakanmu.

    Baca Juga: Tyo Nugros, Vampir Indonesia Ini Resep Awet Mudanya

    – Manajemen waktu

    Mengutip dari Actuarial Careers, memiliki skill manajemen waktu juga penting oleh fresh graduate ketika hendak mencari kerja.

    Dalam bekerja, akan menemukan tuntutan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Karena ada beberapa pekerjaan menuntut kamu harus pintar dalam melakukan manajemen waktu.

    – Public speaking

    Memiliki skill public speaking sangat penting untuk seorang fresh graduate. Ketika sudah bekerja, kamu pasti akan berbicara di depan banyak orang, baik ketika rapat besar dengan perusahaan maupun rapat kecil dengan tim.

    Tidak hanya itu, kamu juga berpeluang untuk mempresentasikan sesuatu kepada klien atau perusahaan lainnya. Oleh karenanya, kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan mengikuti kelas online mengenai public speaking ataupun cara lainnya.

    – Analisis

    Sebagai fresh graduate, penting untuk memiliki keterampilan analisis yang baik. Melansir Target Jobs, kemampuan analisis dapat membuatmu bekerja dengan berbagai jenis informasi.

    Selain itu, kamu juga bisa menganalisis tren menarik yang sedang terjadi sekarang. Dengan kemampuan analisis yang baik, secara tidak langsung kamu ikut andil dalam membantu perkembangan perusahaan.

    – Berpikir kritis

    Dalam dunia kerja, memiliki skill critical thinking atau berpikir kritis sangat penting. Sebab, akan ada suatu masa di mana kamu harus membuat keputusan secara logis di hadapan rekan kerja atau bahkan atasanmu.

    – Kreativitas

    Kreativitas adalah suatu sikap dan keterampilan kemampuan seseorang untuk berpikir dan bertindak secara tidak konvensional. Seseorang yang kreatif sering nyeleneh, namun juga inovatif.

    Harus mempelajari soft skill. Bila tidak, kita akan mengalami banyak kerugian. Sebab di dunia kerja, akan sangat memerlukan soft skil

    (Marliah Sri NR/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img