spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Partisipasi Pemilu 2024 di Kota Bandung Ditargketkan Capai 90 Persen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung lantik 453 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Youth Center Sport Arcamanik, Selasa (24/1/2023).

    Para PPS ini akan ditugaskan di 151 kelurahan se-Kota Bandung bersama 150 orang penyelenggara di tingkat kecamatan yang tersebar di 30 kecamatan. Serta sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejumlah 90 orang di 30 kecamatan.

    Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, agar para petugas tidak memiliki keberpihakan dan KKN pada politikus yang berlaga pada perhelatan 2024 mendatang.

    BACA JUGA: Nasdem Sebut Manuver Ridwan kamil ke Golkar Tak Akan Berpengaruh di Jabar, Pengamat: Wajar!

    “Saya yakin teman-teman akan menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan diberi kesehatan. Kualitas dari proses demokrasi sangat ditentukan dari para penyelenggara,” kata Yana Mulyana usai menghadiri acara pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Youth Center Sport Arcamanik Kota Bandung Jabar Selasa (24/1/2023).

    Ia berharap,pemilu 2024, tingkat partisipasi proses demokrasi di Kota Bandung bisa meningkat. Targetnya partisipasi pemilih bisa mencapai di atas angka 90 persen.

    “Dibandingkan yang sebelumnya sekitar 87 persen, tahun depan harus lebih banyak. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung selalu mendukung, termasuk infrastrukturnya,” ujarnya.

    Yana menyebut,  Pemkot Bandung juga telah menyediakan asuransi bagi para petugas jika ternyata ada risiko yang terjadi saat bekerja.

    “Kita juga sediakan asuransi untuk teman-teman semua. Camat dan lurah tolong bantu tugas teman-teman ini, sehingga bisa berjalan dengan aman dan lancar. Bisa melahirkan proses demokrasi pemilu yang semakin baik,” ucapnya.

    Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Bandung Suharti menjelaskan, persiapan pemilu 2024 telah dimulai sejak 14 Juni 2022 silam.

    “Saat ini sudah sepertiga jalan tahapan telah dilalui. Penyelenggara pemilu di Kota Bandung siap menjadi garda terdepan suksesnya pemilu tahun 2024,” kata Suharti.

    Selain menyiapkan penyelenggara di tingkat kecamatan, sekretariat PPK, dan PPS, KPU Kota Bandung juga tengah bersiap untuk membentuk Panitia Pendaftaran Pemilih (pantarlih).

    “Pada tanggal 26-30Januari 2023, KPU Kota Bandung akan melaksanakan tahapan lanjutan yakni pembentukan pantarlih sejumlah 7.524 orang,” katanya.

    Selain itu, penetapan partai politik (parpol) pun telah dilakukan. Sebanyak 18 parpol sudah ditetapkan untuk peserta pemilu 2024.

    BACA JUGA: Kota Bandung Bebas dari KLB Kasus Campak

    “Tahun depan, target pemilihnya bisa mencapai 90 persen dibanding 2019. Meski melewati target dari pusat, yakni 87 persen, di 2024 harus lebih baik, berkualitas, dan berintegritas,” ucapnya.

    Suharti menambahkan, seleksi tim ad hoc pun telah dilakukan. Seleksi dimulai dari tingkat kecamatan dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.315 orang.

    “Jumlah penduduk potensial pemilih tahun 2024 mencapai 1.893.082. Jumlah ini naik sekitar 170.000 dari tahun 2019. Sehingga harus benar-benar kita maksimalkan,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img