spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Banyak Pernikahan Dini, Wali Kota Bandung Prihatin

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Yana Mulyana prihatin banyaknya pengajuan dispensasi nikah di usia sekolah. Oleh karena itu, pihaknya meminta Dinas Pendidikan (Disdik) untuk menggencarkan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

    “Saya belum dapat informasi angka pastinya. Sebaiknya itu ditanyakan ke Kementerian Agama. Kalaupun iya, kami cukup prihatin juga. Kami berharap Dinas Pendidikan bisa terus memberikan edukasi siswa siswi untuk jangan melakukan pernikahan dini,” kata Yana Mulyana Kamis (19/1/2023).

    Berdasarkan data Pengadilan Agama (PA) Kota Bandung, sebanyak 143 warga Bandung mengajukan dispensasi menikah, mayoritas karena hamil di luar nikah.

    BACA JUGA: Marak Kasus Keracunan, Wali Kota Bandung Larang Penjualan Ciki Ngebul

    Ia juga telah meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) untuk melakukan sosialisasi kepada para orang tua dan sekolah mengenai pernikahan dini atau seks di luar nikah.

    “Bahwa itu di luar norma, etika, termasuk nilai-nilai agama. Itu harus sosialisasi terus,” ucapnya.

    Terkait regulasi mengenai dispensasi pernikahan dini ini, Yana menyampaikan, jika hal tersebut sudah masuk dalam ranah Kementerian Agama.

    Namun, untuk mengurangi angka tersebut, seluruh pihak harus ikut mensosialisasikan dan mengedukasi kelompok usia tersebut.

    BACA JUGA: Bupati Garut: Kepala Sekolah Jangan Bebani Masyarakat

    “Harus kita pantau dan terus edukasi kepada anak-anak kelompok usia tersebut agar mereka paham bahwa hal itu tidak boleh dilakukan,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img