spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Pilkades Serentak 2023 Mulai Disosialisasikan

    GARUT,FOKUSJabar.id: Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023 tingkat Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar) mulai melakukan sosialisasi.

    Sosialisasi Pilkades serentak 2023 dimulai dari wilayah Garut Utara (Kecamatan Malangbong), Selasa (17/1/2023).

    Kegiatan sosialisasi Pilkades serentak 2023 dihadiri perwakilan Desa Mekarasih, Mekarmulya, Sukamanah, Sukajaya dan Desa Sakawayana.

    BACA JUGA: Pasangan Suami – Istri di Ciamis Bersaing dalam Pilkades

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut (Ketua Panita Pilkades serentak 2023 ), Wawan Nurdin berharap, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa tidak mengganggu tahapan Pemilu 2024.

    Hal itu sesuai amanat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

    Wawan Nurdin berpesan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) hingga panitia pemilihan tingkat desa agar selalu koordinasi dan komunikasi.

    pilkades serentak fokusjabar.id
    Kadis DPMD Kabupaten Garut, Wawan Nurdin

    “Panitia tingkat desa agar koordinasi langsung dengan Forkopimcam atau dengan kami jika terdapat permasalahan sedikit apapun,” pesan Wawan Nurdin.

    Menurut Dia, pihaknya menyiapkan tim dari Dinas Pendidikan (Disdik) dan Kementerian Agama (Kemenag) Garut untuk memverifikasi ijazah Bakal Calon (Balon) kepala Desa (Kades).

    Untuk mengecek kevalidan KTP/KK yang saat ini sudah mulai menerapkan sistem Tanda Tangan Elektronik (TTE), pihaknya juga menyiapkan tim dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

    Oleh karena itu, panitia pemilihan tingkat desa agar berkomitmen dan tidak ada tawar-menawar bahwa pendaftar harus lengkap persyaratannya.

    BACA JUGA: Wabup Ciamis: Pelaksanaan Pilkades Harus Sesuai Prokes

    Kabag Hukum Setda Garut sekaligus Koordinator Penanganan Permasalahan Pilkades serentak 2023, Margiyanto menambahkan, sosialisasi tersebut memberikan pemahaman kepada para panitia tingkat desa agar dapat melaksanakan tugasnya secara tertib dan rapih.

    Sementara Camat Malangbong, Undang Saripudin berharap, pelaksanaan Pilkades serentak 2023 sukses tanpa ekses.

    Sebagai informasi, sosialisasi Pilkades Gelombang II Tahap II Tahun 2023 mulai 17 Januari hingga 17 Februari 2023.

    Sosialisasi bakal digelar di 38 kecamatan yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa serentak 2023.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img