spot_img
Selasa 21 Mei 2024
spot_img
More

    Lato-Lato Dilarang di Luar Negeri, Termasuk Amerika Serikat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Lato-lato atau clackers ball belakangan menjadi tren. Faktanya mainan ini pernah populer di Indonesia pada era 1990-an. Mainan dengan suara unik ini bahkan menjangkau orang dewasa.

    Namun, tak sedikit negara yang melarang mainan ini, lantaran berbahaya. Pasalnya, tak sedikit juga kasus cedera yang terjadi akibat mainan lato-lato ini.

    Berikut negara yang melarang lato-lato.

    1. Inggris

    Inggris sempat melarang mainan ini. Pasalnya, bunyi dari mainan ini mengganggu kenyamanan banyak orang. Tidak cuma itu, ada hal lain yang membuat mainan ini tidak ada di Inggris

    Clover Cloud memberitakan, mainan ini sempat melukai anak-anak di Inggris karena bahannya bisa meledak begitu saja ketika pecah. Tak jarang, anak-anak juga mengalami patah tulang akibat mainan ini.

    BACA JUGA: Viral Makkah Menghijau, Benarkah Tanda Kiamat?

    2. Mesir

    Mesir juga jadi negara yang turut melarang permainan lato-lato. Pelarangan ini terbit pada 2017, ketika Mesir dipimpin oleh Presiden Abdul Fattah El-Sisi.

    Mainan ini dianggap menghina sang presiden, sehingga akhirnya berujung pelarangan. Jadi, masyarakat Mesir sempat menyebut mainan ini dengan sebutan sisi’s ball. Sialnya, penyebutan ini menghina presiden karena merujuk ke alat kelamin presiden.

    3. Amerika Serikat


    Amerika Serikat adalah negara tempat munculnya lato-lato. Namun, Amerika Serikat juga pada akhirnya melarang mainan ini. Sebabnya tidak jauh beda dengan Inggris, banyak anak-anak cedera setelah memainkan ini.

    Quartz memberitakan, Food and Drugs Administration (FDA) Amerika melarang peredaran mainan ini sejak 1966 silam. Banyak yang mendukung keputusan FDA ini, apalagi mereka mengeluarkan larangan setelah melakukan serangkaian uji coba.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img