spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Sukses Gelar West Java Fencing Challenge 2022, Asyanti: Rangsang Pembinaan Atlet Usia Dini

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jawa Barat sukses menggelar kejuaraan bertajuk ‘West Java Fencing Challenge 2022’ di GOR Pakansari, Laga Satria, Kabupaten Bogor, 17-19 Desember 2022. Kejuaraan tersebut diinisiasi langsung Ketua Umum Pengprov Ikasi Jabar, Asyanti Rozana Thalib.

    Asyanti mengatakan, kejuaraan tersebut ditujukan untuk merangsang pembinaan atlet anggar usia dini di klub-klub olahraga anggar. Tidak hanya di Jabar tapi juga di seluruh provinsi di Indonesia.

    “Karena itu, kejuaraan ini kita gelar untuk kategori usia 13 tahun dan 15 tahun yang mewakili klub-klub anggar. Kami buka kejuaraan ini secara nasional, bahkan atlet asal luar negeri pun ada yang ikut serta yakni dari Singapura dan Philipina. Dari sisi jumlah peserta pun sangat tinggi mencapai 250 atlet dan itu pun kita batasi,” kata Asyanti saat dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa (20/12/2022).

    Dengan pelaksanaan tersebut, Asyanti berharap bisa merangsang tumbuh dan munculnya klub-klub anggar di seluruh kota dan kabupaten di Jabar hingga provinsi-provinsi di Indonesia. Dengan demikian, bibit atlet anggar di Jabar dan Indonesia selalu hadir serta mampu menggantikan para seniornya.

    “Penampilan para atlet di kejuaraan ‘West Java Fencing Challenge 2022’ tersebut sangat antusias dan baik. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya secara pribadi dan sebagai Ketua Umum Ikasi Jabar,” dia menambahkan.

    fokusjabar.id West Java Fencing Challenge 2022
    Ketua Umum Pengprov Ikasi Jabar, Asyanti Rozana Thalib. (FOTO: Istimewa)

    Selain itu, Asyanti berharap kejuaraan West Java Fencing Challenge 2022 bisa terus digelar secara berkala. Pasalnya, atlet-atlet junior tersebut membutuhkan sarana untuk mengasah kemampuan serta mengevaluasi hasil latihan yang selama ini dijalani.

    “Selama ini, para atlet ini kan hanya berlatih saja tanpa ada sarana untuk menyalurkan hasil latihan melalui sebuah kompetisi. Dan melalui kejuaraan ini, kemampuan mereka bisa terus terasah sehingga olahraga anggar di Jabar dan Indonesia bisa lebih baik serta lebih berprestasi,” kata Asyanti.

    BACA JUGA: Soal Suksesi Kepemimpinan KONI Jabar, Pakar Tata Negara: Pilih yang Jelas Track Recordnya

    Pada gelaran perdana kejuaraan anggar ‘West Java Fencing Challenge 2022’, klub anggar Pakansari Fencing Club tampil sebagai juara umum usai meraih poin tertinggi. Diikuti klub anggar asal Kota Bogor serta Ikasi DI Yogyakarta di posisi kedua dan ketiga.

    Asyanti mengatakan, penetapan juara umum pada kejuaraan ini dihitung berdasarkan poin yang diraih klub sesuai dengan aturan yang ditetapkan Federasi Anggar Internasional (Fédération Internationale d’Escrime, FIE). Meski demikian, para atlet yang mendapatkan gelar juara berhak atas medali, uang pembinaan serta piagam penghargaan.

    “Untuk penentuan juara umum, kita menggunakan perhitungan poin dari setiap medali yang diraih klub anggar sesuai dengan aturan di FIE. Untuk juara umum, kita serahkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp25 juta,” kata Asyanti.

    fokusjabar.id West Java Fencing Challenge 2022
    Ketua Umum Pengprov Ikasi Jabar, Asyanti Rozana Thalib saat membuka kejuaraan anggar ‘West Java Fencing Challenge 2022’. (FOTO: Istimewa)

    Terlepas dari kesuksesan penyelenggaraan kejuaraan anggar ‘West Java Fencing Challenge 2022’, Asyanti melihat potensi atlet-atlet anggar di Jabar sudah cukup baik. Beberapa atlet muda dinilainya sudah memperlihatkan performa yang sangat baik dan menjanjikan untuk menggantikan seniornya kedepan.

    “Karena itu, kami sangat berharap kejuaraan ini bisa terus digelar setiap tahun dan semoga bisa seperti kejuaraan anggar Jabar Open yang sudah menjadi agenda dua tahunan di FIE. Semoga Pemerintah Provinsi Jabar, KONI Jabar, pihak sponsor, hingga pihak lain bisa terus mendukung kegiatan ini sehingga bisa menjadi kejuaraan yang rutin digelar,” Asyanti menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img